Categories Budaya Nasional

Presiden Jokowi: Warga negara harus memiliki kemampuan bela negara

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut warga negara harus memiliki kemampuan dalam membela negara mengingat situasi berbagai bidang yang semakin komplek.

“Untuk bisa menangkal kompleksitas situasi dan kondisi saat ini warga negara harus memiliki semangat, kesadaran, dan kemampuan untuk bela negara,” kata Jokowi

Presiden RI sampaikan itu sesuai amanat-nya di bacakan Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu pada Peringatan Hari Bela Negara (HBN) Ke-72 tingkat kabupaten di Halaman Kantor Bupati Tapsel, di Sipirok, Senin (19/12).

Jokowi pada peringatan HBN yang bertema “Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesia Ku” ini mengajak seluruh masyarakat Indonesia terus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, produktif, inovatif, berdaya saing.

Lebih jauh di katakan bela negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara.

Bela negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan kemampuan awal bela negara,” sebut Jokowi dalam amanat itu.

Nilai-nilai tersebut yang harus terus di implementasi dalam program pembinaan kesadaran bela negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

“Mari kita jadikan peringatan HBN ini sebagai momentum kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai,” ajak Jokowi.

Turut hadir dalam upacara peringatan HBN ini unsur Forkopimda, Pj. Sekda Tapsel, para Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, dan Kepala Bagian. Peserta upacara dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, BPBD, Korpri, para ASN dan THL.

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *