Polresta Yogyakarta Bentuk Satgas Khusus Pengamanan Misa Natal di Kota Jogja

Polresta Yogyakarta Bentuk Satgas Khusus Pengamanan Misa Natal di Kota Jogja

Kabagops Polresta Yogyakarta, Kompol Naafi’arman, mengatakan satgas khusus ini terdiri dari 325 personel.

Tugas satgas tersebut mengamankan enam gereja yang menjadi prioritas Polresta Yogyakarta.

Enam gereja tersebut adalah Antonius Kotabaru, Albertus Jetis, Hati Kudus Pugeran, Santo Yusuf Bintaran, Fransiskus Xaverius Kidul Loji, dan Gereja Sawokembar.

“Gereja itu jadi prioritas karena jumlah jamaah yang banyak. Jadi perlu ada pengamanan. Bukan berarti gereja lain tidak ada pengamanan. Kami amankan seluruh gereja,” katanya, Senin (23/12/2019).

Ada sekitar 60 gereja di kota Yogyakarta.

Untuk melakukan pengamanan, Polresta mengerahkan sekitar 925 personel.

Tidak hanya petugas Polresta, Polsek jajaran juga akan membantu pengamanan misa Natal di gereja.

Meski pengamanan dilakukan dengan ketat, pihaknya tetap mengedepankan sisi humanis. Pihaknya juga melibatkan petugas keamanan gereja.

“Kami akan melakukan pengecekan barang bawaan. Tetapi kami tetap kedepankan humanis. Polwan juga kami sebar, jika nanti yang digeledah ibu-ibu. Petugas intern gereja juga kami libatkan, karena petugas gereja yang tahu jamaahnya.

Pihaknya juga sebelumnya telah mengimbau gereja untuk memperhatikan barang bawaan. Jamaah (umat) diminta untuk tidak membawa tas yang besar.

Selama pengamanan, pihaknya akan menggeledah dengan cara manual. Namun di beberapa gereja juga menggunakan alat bantu metal detektor.

Terpisah, Kasubbag Humas Polresta Yogyakarta, Iptu Sartono, menambahkan Polresta juga akan mendampingi Tim Jibom Brimob Polda DIY.

“Ada sterilisasi gereja juga. Besok dibagi menjadi dua tim. Kami siap mengamankan misa Natal di gereja. Ada juga pos Nataru, jadi baik gereja dan wisatawan semua kami pantau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *