Facebook Kembangkan Sistem Operasinya Sendiri

Facebook Kembangkan Sistem Operasinya Sendiri

Facebook sedang mengembangkan sistem operasinya sendiri yang suatu hari dapat mengurangi ketergantungan perusahaan pada Google (Android), menurut laporan baru oleh The Information. Pengembangan saat ini dipimpin oleh Mark Lucovsky, seorang veteran Microsoft yang ikut mengembangkan sistem operasi Windows NT.

Laporan tersebut memuat sejumlah informasi terbatas tentang bagaimana sistem operasi baru dapat digunakan, tetapi mencatat bahwa kedua perangkat Oculus dan Portal Facebook saat ini dijalankan pada versi Android yang dimodifikasi. Menurut salah satu kepala AR dan VR Facebook, Ficus Kirkpatrick, “mungkin” perangkat keras masa depan

Facebook tidak perlu bergantung pada perangkat lunak Google, yang akan mengurangi atau menghapus sepenuhnya kendali yang Google miliki atas perangkat keras Facebook.

“Kami benar-benar ingin memastikan generasi berikutnya memiliki ruang untuk kami,” kepala perangkat keras Facebook, Andrew Bosworth, mengatakan kepada The Information.

“Kami tidak berpikir kami dapat mempercayai pasar atau pesaing untuk memastikan hal itu terjadi. Jadi kita akan melakukannya sendiri. “

Selain Oculus dan perangkat Portal, Facebook juga mengerjakan kacamata AR (Augmented Reality). Menurut Bosworth, kacamata ini, diberi nama kode “Orion” yang mungkin bisa release pada awal 2023. Pada tahun yang sama, Apple berharap mengeluarkan sepasang kacamata AR sendiri. Facebook juga bekerja pada sistem antarmuka kontrol otak untuk kacamatanya, yang dapat memungkinkan pengguna untuk mengontrolnya dengan pikiran mereka sendiri.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa Facebook berharap untuk melakukan pendekatan yang mirip dengan Apple yaitu dengan perangkat kerasnya di masa depan. Selain mengembangkan OS sendiri, The Information menguatkan laporan dari Bloomberg dan Financial Times awal tahun ini bahwa Facebook mengerjakan perangkat keras chip

kustomnya sendiri, bersama dengan asisten suara yang dikonfirmasi telah bekerja pada awal tahun ini.

Upaya terakhir Facebook untuk memproduksi OS sendiri tidak berjalan dengan baik. Upaya ini menghasilkan versi Android bercabang dua yang berjalan pada telepon yang diproduksi HTC pada tahun 2013. Sebelumya nama Facebook ternoda dengan banyak skandal privasi. Facebook akan melalui perjuangan yang berat jika ingin mendapatkan perangkat lunak dari pihak lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *