Peringati HUT Kemerdekaan Ke 75 RI : Pemuda Suku Kamoro Nawaripi Arak-Arakan bendera Merah Putih

Peringati HUT Kemerdekaan Ke 75 RI : Pemuda Suku Kamoro Nawaripi Arak-Arakan bendera Merah Putih

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia. Sekitar seratusan Pemuda asal Suku Kamoro yang berdomisil di Desa Nawaripi, Kabupaten Mimika, Papua melakukan arak arakan bendera Merah Putih.

Selain membawa Bendera Merah Putih, mereka juga membawa sebuah Spanduk bergambar 2 Orang Tokoh asal Kamoro yang berdomisili di Kampung/Desa Nawaripi Kabupaten Mimika.

Para pemuda Kamoro itu mengklaim, kedua Tokoh yang telah wafat tersebut telah terbukti berkontribusi dan memiliki jasa besar semasa hidup mereka untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dua orang tokoh Kamoro itu bernama Yohanis Aikawe dan Leo Urumami.

Keduanya belakangan diketahui memiliki Piagam Penghargaan dari Presiden Republik Indonesia atas turut serta dalam pembebasan Irian Barat dan penjajahan Belanda. Kedua Piagam penghargaan itu ditandatangani Presiden Republik Indonesia H.M. Soeharto, Tertanggal 13 Oktober 1984 dan 6 Desember 1984.

Selain itu, khusus Yohanis Aikawe juga dianugerahi Piagam tanda kehormatan Satya Lancana atas jasanya dalam keberhasilan menjalani tugas dalam pelaksanaan penentuan pendapat rakyat di Irian Barat. Piagam Satyalancana dari Presiden RI nomor 32/TK/Tahun 1976. Ditandatangani Presiden H.M Soeharto tertanggal 2 Agustus 1976.

Atas keberadaan bukti Piagam tersebut ratusan pemuda Kamoro di Kampung Nawaripi yang juga adalah anak cucu dari Yohanis Aikawe dan Leo Urumami meminta agar Pemerintah tak serta-merta melupakan jasa-jasa dari dua orang yang sejatinya menjadi kebanggaan warga Kamoro itu.

“Kami sebagai anak cucu dari Yohanis Aikawe dan Leo Urumami meminta supaya Pemerintah tidak melupakan jasa-jasa dari pendahulu. Berikan penghargaan kepada kedua tokoh kami ini. Mereka kebanggaan kami. Hidup mati kami tetap didalam bingkai NKRI,” kata salah satu perwakilan dari Pemuda Kamoro Nawaripi, Simon Mauromaku saat berorasi.

Para Pemuda tersebut kemudian berkumpul di Kantor Youwamako Jaya Jalan Nawaripi Baru, Timika untuk mengibarkan bendera Merah Putih. Selain itu menyerahkan atensi kepada Pemerintah melalui Aparat Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang selanjutnya akan dilanjutkan ke Dandim 1710/Mimika.

Aksi tersebut turut dihadiri Kepala Kampung Nawaripi, Norbertus Ditubun, dan sejumlah aparat TNI-Polri serta di saksikan warga masyarakat Kampung Nawaripi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *