Penerimaan Tamtama dan Bintara Noken Bagi OAP, Tanda Keseriusan Kapolda Papua

Penerimaan Tamtama dan Bintara Noken Bagi OAP, Tanda Keseriusan Kapolda Papua

Panitia eksternal penerimaan calon anggota Polri, memberikan apresiasi kepada Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw yang telah memberikan afermasi terhadap anak asli Papua dalam meniti karir sebagai abdi negara di kepolisian Republik Indonesia. Hal itu diungkapkan Frits Ramandey.

Menurutnya apresiasi yang diberikan kepada Kapolda Papua lantaran komitmen terhadap anak asli Papua sejauh ini sudah terlealiasi dengan baik. “Penerimaan Polri dengan keberpihakan orang asli Papua sangat baik. Mengingat kouta 40-60 sudah terpenuhi,” jelasnya.

Ia pun mengungkapkan penerimaan kouta 40-60 ini merupakan langkah yang sangat baik, apalagi adanya afermasi penambahan kouta baik dari Tamtama dan Bintara Noken.

“Mulai dari Tamtama dari 10 orang manjadi 14, sementara penerimaan Bintara Noken juga demikian ada penambahan kouta yang di perjuangan oleh Kapolda Papua yang juga anak asli Papua. Dan ini kami dari pengawasan eksternal memberikan apresiasi,”ujarnya.

Namun yang menjadi catatan penting menurut Frits yang juga sebagai Kepala¬† Komnas HAM perwakilan Papua, harus adanya upaya perjuangan Kapolda Papua bagi calon Akpol bukan hanya Bintara dan Tamtama saja, mengingat jalur Akpol merupakan upaya untuk mempersiapkan anak Papua sebagai pemimpin di institusi Kepolisian. “Kapolda bisa mengangkat anak Papua di jalur Akpol, mengingat Kapolda Papua punya kewenangan seperti halnya Tamtama dan Bintara Noken,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *