Pemprov Papua Salurkan Bantuan Paket Sembako Untuk Kota Dan Kabupaten Jayapura

Pemprov Papua Salurkan Bantuan Paket Sembako Untuk Kota Dan Kabupaten Jayapura

Suarayogyakarta.com – Pemerintah Provinsi Papua menyerahkan 670 paket sembako bantuan sosial untuk warga, yang bakal distribusikan di 12 lokasi komunitas dengan sebaran Kota dan Kabupaten Jayapura. 

Selain warga, Pemprov Papua juga menyerahkan 1001 paket sembako bantuan stimulan untuk tenaga kerja informal, tenaga kerja bongkar muat (TKBM) dan ojek online (Ojol),  

Penyerahan secara simbolis oleh Pj. Sekda Papua Dr.M. Ridwan Rumasukun, SE, MM, di Jayapura, Senin, sebagaimana penuturan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jeri Agus Yudianto, S.Kom saat dihubungi via telepon selulernya. 

Selain menyerahkan bantuan sembako, Jeri katakan, Pemprov Papua juga menyerahkan alat pelindung diri (APD) dari Kemenkes RI kepada 3 rumah sakit milik Pemprov Papua serta 5 lima rumah sakit mitra, termasuk APD bantuan pribadi dari Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal.

Sementara target bantuan stimulan bagi IKM, UMK/pedagang kecil dan tenaga informal serta korban PHK diharapkan nantinya tersalurkan kepada sebanyak 16.000 paket. Bantuan ini akan disebar di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi dan Keerom.

Selain paket sembako, bantuan stimulan juga akan diberikan dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT) dengan target 13.000 penerima. 

“Tak sampai disitu nanti ada juga pemberian bantuan stimulan berupa pembagian masker dengan target 25.000 orang penerima. Diharapkan bantuan stimulan ini bisa tetap menggerakan ekonomi di Papua yang mengalami perlambatan dampak dari COVID-19 imbuhnya,” harapnya.  

Diketahui, paket sembako bantuan sosial warga terdiri dari, beras medium, gula pasir, minyak goreng, mei instan, ikan kaleng, garam serta kopi.

Sementara paket  sembako bantuan stimulan terdiri dari, beras, gla minyak goreng, mie instan, tepung dan ikan kaleng. Perbedaan ini disebabkan ketersediaan bahan yang ada di pasar. 

Gubernur dan Wakil Gubernur Papua dipastikan kepala dinas Jery, tetap konsisten memfokuskan pengendalian dan pencegahan Covid-19 di Papua secara komprehensif dengan memaksimalkan instrumen yang ada.

Hal itu dilakukankan semata-mata untuk melindungi warga yang ada di Papua agar terhindar dari Covid-19 serta ekonomi daerah tetap berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *