Pemerintah Siapkan Tiga Program Pemulihan Koperasi

Pemerintah Siapkan Tiga Program Pemulihan Koperasi

Jakarta: Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah telah menyiapkan tiga program pemulihan koperasi. Pertama, program survival dengan melakukan restrukturisasi pinjaman mitra Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB).

“Bentuknya, memberikan penundaan pembayaran angsuran dan jasa selama 12 bulan,” kata Menteri Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Teten Masduki di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 23 Juli 2020.

Pemerintah telah merestrukturisasi sebanyak 40 mitra koperasi. Fasilitas yang diberikan sudah mencapai 100 persen.

“Kita kasih fasilitas penundaan pokok, penundaan jasa, pengurangan jasa perpanjangan waktu, penambahan fasilitas pinjaman atau pembiayaan dengan total outstanding sebesar Rp135,7 miliar,” ujar dia.
 
Teten menjelaskan program LPDB tak mengenakan bunga selama penundaan pembayaran. Program kedua ialah pemulihan ekonomi dengan alokasi tambahan sebesar Rp1 triliun.
 
“Pembiayaan ini disalurkan kepada koperasi dengan bunga 3 persen menurun. Lalu, sekitar 1,5 persen flat per tahun untuk menjangkau sekitar 4,8 juta UMKM anggota koperasi,” jelasnya.
 
Teten mengatakan total pinjaman yang sudah dicairkan mencapai Rp381,4 miliar. Di antaranya, Rp21,8 miliar untuk koperasi konvensional, dan Rp109 miliar untuk koperasi pola syariah.
 
“Program ketiga, penumbuhan ekonomi. Kami telah menyiapkan sejumlah kebijakan untuk memudahkan akses pembiayaan koperasi dan UKM dengan bunga ringan dan pendampingan. Dari exercise kami dengan koperasi simpan pinjam,” tutur Teten.

Total ada 123.048 unit koperasi dengan total anggota 22 juta orang di Indonesia. Total asetnya mencapai Rp152 triliun dan omzet Rp154 triliun.
 
Teten menyebut koperasi konsumen paling mendominasi dengan total 59 persen. Sementara itu, koperasi produsen 19 persen, koperasi simpan pinjam 13 persen, koperasi jasa 4,85 persen, dan koperasi pemasaran 2,6 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *