Pemerintah Sebut Stok Pangan di Masa Pandemi Covid-19 Aman hingga 4 Bulan

Pemerintah Sebut Stok Pangan di Masa Pandemi Covid-19 Aman hingga 4 Bulan

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyatakan stok pangan di seluruh Indonesia di masa pandemi Covid-19 tetap terjaga.

Ia mengatakan, ketersediaan stok pangan yang ada saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga 4 bulan ke depan.

“Ketersediaan pangan, Pak Menteri Pertanian menyampaikan kesampaian (ketersediaan) pangan 3-4 bulan ke depan alhamdulilah aman. Barang kebutuhan sehari-hari yang mengalami peningkatan ada beberapa yang sudah stabil,” kata Doni usai rapat bersama Presiden Joko Widodo melalui sambungan konferensi video, Senin (13/4/2020).

Adapun Presiden Joko Widodo sebelumnya meminta Menteri Dalam Negeri terus mengingatkan pemerintah daerah untuk menjaga stok pangan masing-masing daerahnya.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas melalui sambungan konferensi video, Senin (13/4/2020).

“Saya ingatkan lagi untuk mungkin ini Pak Menteri Dalam Negeri agar menjaga gubernur, bupati, wali kota, diingatkan untuk menjaga ketersediaan bahan-bahan pokok membuat perkiraan-perkiraan ke depan,” ujar Jokowi.

Dengan demikian, lanjut Jokowi, pemerintah daerah hingga pusat bisa memastikan tidak terjadi kelangkaan bahan pokok dan harga pangan yang tetap terjangkau di tengah pandemi Covid-19.

Jokowi pun meminta seluruh jajarannya mewaspadai peringatan Food and Agriculture Organization (FAO) yang menyatakan pandemi corona bisa berdampak pada kelangkaan pangan.

Jokowi meminta para menteri dan pimpinan lembaga negara terkait terus memantau hasil panen nasional.

Ia meminta para pembantunya segera mengambil tindakan jika menemukan adanya penurunan jumlah panen, khususnya di bulan setelah pandemi corona diprediki berakhir.

“Mungkin panen yang ini baik tapi panen yang pada penanaman yang ke bulan Agustus, September yang kedua. Nanti betul-betul dilihat secara detail sehingga tidak mengganggu produksi rantai pasok maupun distribusi dari bahan-bahan pangan yang ada,” lanjut dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *