Pemerintah Luncurkan Sistem Data Terpadu Penanganan Covid-19

Pemerintah Luncurkan Sistem Data Terpadu Penanganan Covid-19

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkap bahwa pemerintah telah membentuk sebuah sistem bernama ‘Satu Data’ untuk percepatan penanganan virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Menurutnya, sistem tersebut akan menghubungkan antara pemerintah pusat hingga pemerintah daerah agar penanganan corona yang saat ini telah menyebar ke seluruh provinsi di Indonesia dapat ditangani dengan cepat.

“Sesuai dengan arahan Presiden mengenai keterbukaan informasi dan data yang diintegrasikan di gugus tugas, sebagai negara kepulauan, maka diperlukan kolaborasi yang kuat baik di tingkat pusat hingga daerah kabupaten/kota sampai dengan RT dan RW,” kata Wiku dalam konferensi pers live streaming via YouTube, Senin (27/4/2020).

“Dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 ini, maka kami seluruh komponen bangsa semua daerah hingga daerah perbatasan dan terpencil terhubung dengan pusat. Data ini atau yang akan kami sebut sebagai ‘Satu Data’,” sambung Wiku.

Wiku menjelaskan, sistem satu data ini nantinya akan menjadi petunjuk bagi pemerintah dalam membuat suatu kebijakan. Karena itu kata dia pembentukan sistem satu data tersebut membutuhkan bantuan semua pihak terkait.

“Selama sepekan ini kami telah dan terus berkoordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga terutama, Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi Informasi kemudian juga dengan TNI dan Polri, dengan gugus tugas di daerah, dengan BPBD di daerah, dan kami terus menyempurnakan sistem dan komponennya yang dapat diakses pada hari ke depan Indonesia secara terbuka dan transparan,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *