Pemerintah Komitmen Kembangkan Industri Halal di KEK

Pemerintah Komitmen Kembangkan Industri Halal di KEK

PEMERINTAH terus berkomitmen untuk melakukan pengembangan industri halal di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Menurut Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin saat ini yang tengah difokuskan adalah memperkuat kelembagaannya lewat Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) .

“Komitmen pemerintah untuk mengembangkan ekonomi syariah, salah satunya industri halal yang sedang kita perkuat adalah kelembagaannya. Melalui Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) karena kita tak berkutat pada keuangan saja tapi juga ekonominya,” paparnya ujarnya dalam Dialog Spesial “INDONESIA BICARA” bersama Media Indonesia secara virtual, Kamis (6/8).

Termasuk di dalamnya terdapat pengembangan industri halal di kawasan ekonomi khusus (KEK). Yang merupakan bagian dari 4 hal berupa industri halal, industri keuangan, dana sosial masyarakat, dan usaha berbasis bisnis syariah.

Komite ini diketuai langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, lalu dengan wakil ketua oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta sekretarisnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Adapun anggotanya terdiri dari menteri-menteri terkait, salah satunya Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Lebih lanjut dijelaskanm untuk mengembangkan industri halal ini sudah mendapat keputusan dari Menteri Perindustria. Untuk membuka industri halal di berbagai kawasan. Termasuk di dalamnya berupa industri pariwisata halal, produk halal, jasa hingga wisata halal.

“Saat ini wisata halal saja sudah menjadi isu global. Semua membuka wisata halal seperti Singapura, Taiwan, Jepang. Sementara mereka menggunakan sertifikat halal dari Indonesia. Maka Indonesia perlu juga dengan saat ini memperkuat kelembagaannya,” pungkasnya.

Sumber : https://mediaindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *