Kejar Target Ketahanan Pangan Nasional 2024, Pemerintah Bangun 500 Ha Irigasi

Kejar Target Ketahanan Pangan Nasional 2024, Pemerintah Bangun 500 Ha Irigasi

Sebanyak 500.000 hektar irigasi akan dibangun dan 2,5 juta hektar (ha) jaringan irigasi akan direhabilitasi mulai tahun 2020 hingga 2024. Pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi diproyeksikan untuk menunjang produktivitas sentra-sentra pertanian.

“Pembangunan bendungan di berbagai daerah akan diikuti dengan pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi untuk menunjang produktivitas sentra-sentra pertanian,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam pernyataan resminya yang diterima Investor Daily, Selasa (4/8).

Basuki ingin pembangunan bendungan dan rehabilitasi jaringan irigasi ini dapat membantu pemulihan ekonomi nasional sebab air akan mengalir ke persawahan milik petani.

Di samping itu, PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, tahun ini juga akan meningkatkan jaringan irigasi Daerah Irigasi D.I. Rias dengan membangun saluran suplesi sepanjang 2,7 Km dari Bendung Metukul ke Kolong Plumpung untuk menambah suplai air menuju Jaringan yang dilayani seluas 500 ha.

Daerah Irigasi Rias seluas 3.035 ha tersebut bersumber dari Bendung Metukul seluas 2,309 ha, Bendung Pumpung seluas 500 ha, free intake kolong Yamin seluas 186 ha, dan free intake Temayang seluas 40 ha.

Sebagai informasi, D.I. Rias terdiri dari jaringan primer 19 meter, jaringan sekunder 5 meter, jaringan tersier 47 meter, dan saluran suplesi 2,7 meter. Adapun luas jaringan yang dibangun seluas 2.251 ha.

Sementara itu, staf khusus Menteri PUPR Bidang Air dan Sumber Daya Air, Firdaus Ali mengakui bahwa kebutuhan pasokan air baku di Indonesia masih cukup besar. Apalagi, saat ini pemerintah memiliki target untuk mencapai ketahanan pangan nasional.

Tentu, kalau kita ingin mencapai target itu (ketahanan pangan nasional), lahan-lahan pertanian perlu didukung dengan pasokan air dan jaringan irigasi yang memadai,” kata Firdaus kepada Investor Daily, Senin (3/8).

Untuk itu, dia meminta dukungan masyarakat terutama dalam proses pembebasan lahan untuk pembangunan waduk atau bendungan. Hal ini demi memenuhi kebutuhan air agar target ketahanan pangan ini dapat segera tercapai.

Sumber : https://investor.id/business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *