Pemerintah Berupaya RI Tak Jatuh Resesi di Kuartal III

Pemerintah Berupaya RI Tak Jatuh Resesi di Kuartal III

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu, memastikan pemerintah terus mengupayakan agar second wave atau gelombang kedua pandemi Covid-19 tidak terjadi di Tanah Air. Dia pun meminta agar masyarakat patuh dan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Mungkin pertanyaan lebih baiknya bagi kita, bagi semua komponen bangsa dan juga pemerintah bagaimana caranya agar tidak terjadi second wave karena kalau terjadi second wave itu akan berat,” kata dia saat bincang melalui akun Instagram, Jumat (17/7).

Selain fokus pada penerapan protokol kesehatan, di sisi lain, pemerintah juga tetap mendorong agar aktivitas sosial dan ekonomi tetap bergerak seiring dengan upaya untuk mencegah penyebaran wabah. Tujuannya, supaya ekonomi bisa pulih sambil menunggu vaksin ditemukan.

“Kita lihat memang ada tanda-tanda di kuartal III akan lebih baik dari kuartal II, ini kita coba bagaimana mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal III tidak negatif lagi tapi kita menyadari, pemerintah dan masyarakat harus kerja sama cegah terjadinya secondwave,” tegas Febrio.

Dia mengaku optimistis, pada 2021, vaksin untuk menyembuhkan masyarakat dari wabah Covid-19 sudah bisa ditemukan. Walaupun, rata-rata efektifnya vaksin untuk mencegah penyebaran wabah memakan waktu delapan tahun.

“Kalau kita denger-dengerkan awal tahun depan sudah ada tapi kalau kita lihat sejarahnya vaksin ditemukan benar-benar perfect 8 tahun, ini kalau benar-benar terjadi dalam 18 bulan ini jadi achievment of human kind civiliazation kita,” tukas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *