Categories Nasional Politik

Panglima TNI-Kapolri Komitmen Wujudkan Pemilu 2024 Aman dan Damai

Suarayogyakarta.com, Politik – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyerukan komitmen bersama mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang damai, aman dan lancar. Seruan sinergi pimpinan lembaga TNI dan Polri tersebut disampaikan dalam kegiatan kunjungan kerja (kunker) ke Papua, Jumat (8/12/2023).

Dalam kegiatan ini, salah satu agendanya meninjau deklarasi Pemilu Damai 2024 bersama dengan lintas elemen masyarakat di Papua.

Dalam kesempatan itu, Kapolri menekankan TNI-Polri bersama seluruh stakeholder terkait memiliki tugas mengawal dan mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024 agar berjalan damai, aman dan lancar.

“Terkait dengan kegiatan yang kita lakukan selama ini, di mana-dimana kita selalu mengawal, menyerukan dan menyaksikan bersama masyarakat serta KPUD, Bawaslu menyelenggarakan komitmen pemilu damai,” ujar Sigit, Jumat (8/12/2023)

Mantan Kabareskrim Polri ini menegaskan, kegiatan deklarasi pemilu damai sangat penting dan harus terus digelorakan.

Menurutnya, perbedaan dalam pesta demokrasi adalah hal yang lumrah. Seluruh masyarakat bebas menentukan pilihannya. Namun ditegaskan Sigit, dalam Pemilu 2024 semua pihak harus mengutamakan, mengawal serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sehingga ke depan apa yang menjadi tujuan nasional dan cita-cita bangsa, semuanya bisa berjalan aman, lancar dan sesuai harapan rakyat,” kata Sigit.  Sementara itu, Panglima TNI memiliki harapan yang sama. Dia ingin Pemilu 2024 berjalan dengan lancar, aman dan damai. Untuk itu, dia menegaskan akan berkolaborasi dengan Polri dan stakeholder terkait mewujudkan hal tersebut.

“Kita berharap pelaksanaan pemilu di Papua dan daerah lainnya berjalan lancar. Kita akan bantu dari distribusi sampai pengamanan di TPS. Tentunya kita berkolaborasi dengan Polri, Bawaslu dan KPU yang ada di wilayah,” ucapnya.

Di sisi lain, salam kunjungan kali ini, kedua pimpinan TNI-Polri ini juga meninjau pelaksanaan bakti kesehatan dan penyerahan bantuan sosial dari TNI-Polri kepada seluruh masyarakat. 

Selain itu menyaksikan deklarasi pemilu damai bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, warga dan penyelenggara pemilu di wilayah Papua. Kapolri dan Panglima TNI juga memberikan pengarahan kepada jajaran terkait situasi kamtibmas di Papua. 

Bakti Kesehatan dilaksanakan di Lapangan Lantamal X Jayapura dengan target pengobatan sebanyak 1.000 orang. Sementara kegiatan bakti sosial akan diserahkan 1.000 paket sembako kepada masyarakat.

Panglima TNI dan Kapolri juga menyempatkan berinteraksi langsung kepada masyarakat yang mengikuti bakti kesehatan.

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *