Mirae Asset: Ekonomi mulai pulih dan IHSG terus menguat hingga akhir tahun 2020

Mirae Asset: Ekonomi mulai pulih dan IHSG terus menguat hingga akhir tahun 2020

Mirae Asset Sekuritas Indonesia memprediksi, performa terburuk di pasar saham dan ekonomi Indonesia sudah terlewati. Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2020 tercatat kontraksi 5,32% secara year on year (yoy), lebih buruk dari hasil konsensus yang kontraksi 4,61% yoy.

Akan tetapi, pada hari pengumuman pertumbuhan ekonomi yang jatuh pada Rabu (5/8), IHSG justru ditutup naik 1,03% dan rupiah pun menguat 0,5% terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

“Kami pikir IHSG telah sepenuhnya memperhitungkan kemerosotan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Kepala Riset Mirae Asset Sekuritas Hariyanto Wijaya dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Senin (10/8).

Karena itu, Mirae Asset memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mulai pulih pada kuartal III-2020. Pertumbuhan negatif ekonomi Indonesia diperkirakan bakal menyempit menjadi -1,08% pada kuartal III-2020 dan kontraksi 0,61% untuk sepanjang tahun 2020.

Selain itu, vaksin Covid-19 yang diharapkan tersedia di Indonesia pada akhir 2020, membuat pelaku pasar berharap dapat melihat pemulihan ekonomi dari perlambatan yang dipicu oleh Covid-19. “Oleh karena itu, kami perkirakan IHSG akan terus menguat hingga akhir tahun ini,” ungkap Hariyanto.

Terlebih lagi, pemerintah bakal mengeluarkan stimulus baru berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk menghidupkan kembali konsumsi domestik. Pemerintah berencana memberikan BLT sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan sejak September 2020 kepada 13 juta pekerja perusahaan swasta dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan.

Menurut Hariyanto, BLT tersebut bakal memberikan efek berganda pada perekonomian domestik, mengingat target penerimanya adalah konsumen berpenghasilan rendah yang memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk mengkonsumsi.

“Kami pikir perusahaan yang memproduksi barang kebutuhan pokok dan rokok akan mendapat manfaat dari ini,” ucap dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *