Mewakili Jokowi, Mahfud MD Besok Sampaikan Penundaan RUU HIP ke DPR

Mewakili Jokowi, Mahfud MD Besok Sampaikan Penundaan RUU HIP ke DPR

Pemerintah memutuskan untuk menunda pembahasan Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Pasalnya, pemerintah ingin fokus menangani pandemi virus Corona (Covid-19). Selain itu, pemerintah juga ingin mendapat masukan dari masyarakat soal RUU HIP.

“Pemerintah ingin lebih fokus ke penanganan Covid-19. Yang kedua materinya masih menjadi pertentangan dan perlu lebih banyak menyerap aspirasi. Sehingga DPR diminta untuk banyak lagi mendengar pendapat masyarakat,” kata Menko Polhukam Mahfud MD di kantornya, Rabu (15/7/2020).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menambahkan, posisi pemerintah sudah jelas bahwa Pancasila yang resmi dan dipakai itu hanya satu.

“Yaitu Pancasila yang ada di pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang disahkan ada tanggal 18 Agustus 1945 oleh panitia persiapan kemerdekaan, yang terdiri dari lima sila, yang merupakan satu kesatuan makna,” ujarnya.

Oleh karena itu, Mahfud akan menyambangi DPR untuk meminta DPR menunda RUU HIP. Pemerintah Kamis (17/7) besok akan menyampaikannya secara resmi dalam bentuk surat.

“Menteri yang akan menyampaikannya ke situ (DPR) mewakili Presiden Republik Indonesia sehingga nanti silahkan DPR sesudah itu mau dibawa ke proses legislasi apakah ke prolegnas atau apa, tetapi pemerintah akan menyatakan sikap seperti itu,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *