Disnakertrans DIY Siapkan Sektor Kerja Informal bagi Buruh Terdampak Covid-19

Disnakertrans DIY Siapkan Sektor Kerja Informal bagi Buruh Terdampak Covid-19

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Daerah Istimewa Yogyakarta tengah menggodok program pemberdayaan bagi para pekerja terdampak Covid-19 di wilayah setempat.

Nantinya, program ini akan menyasar sektor informal untuk membantu pekerja yang pendapatannya tergerus akibat pandemi Covid-19.

“Sedang kita bahas mungkin di APBNP nanti anggarannya sudah turun dan bisa langsung kita realisasikan di tahun ini,” kata Kabid Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja, Disnakertrans DIY, Ariyanto Wibowo Rabu (15/7/2020).

Ariyanto mengatakan, setiap instansi di wilayah DIY kini tengah berjuang untuk melaksanakan program yang benar-benar konkret untuk penanganan Covid-19.

Disnakertrans kini juga tengah menyusun ulang sejumlah program yang telah diajukan di masa pandemi seperti sekarang.

“Sasarannya memang buruh yang terdampak. Jadi nanti akan kita arahkan bekerja ke sektor informal karena perlahan-lahan aktivitas masyarakat kan juga sudah mulai pulih meskipun belum sepenuhnya,” ucap dia.

Pada program ini, Disnakertrans akan mendata secara riil para pekerja yang terdampak Covid-19 di masing-masing kabupaten maupun kota.

Mereka nantinya akan diikutkan dalam pelatihan manajemen sumber daya manusia untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas dalam mengelola usaha yang dikelolanya.

“Sistemnya nanti kita buatkan kuota per kabupaten maupun kota karena tidak mungkin juga semua pekerja terdampak akan ikut serta. Jadi progresnya masih terus berlanjut,” imbuhnya.

Sementara Irsad Ade Irawan, Sekretaris DPD KSPSI DIY menyebut, berdasarkan pembukaan posko aduan buruh yang dibuka oleh serikat tersebut sedikitnya 3 ribu pekerja mengalami dampak dari pandemi Covid-19.

Pihaknya mendesak Pemda DIY segera menyalurkan bantuan sosial kepada pekerja terdampak.

“Beberapa teman-teman yang kena dampak memang ada yang sudah mendapat bantuan tapi cukup banyak juga yang belum. Sehingga kita minta perhatian Pemda untuk penyaluran bansos kepada pekerja terdampak,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *