Menpora dan Gubernur Papua Jamin Keamanan PON 2020

Menpora dan Gubernur Papua Jamin Keamanan PON 2020

Pemerintah meminta seluruh kontingen supaya tidak perlu mengkhawatirkan masalah keamanan dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX atau PON 2020 di Papua.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali mengatakan kekhawatiran yang selama ini muncul perihal kondisi keamanan di Bumi Cendrawasih tidak perlu dirisaukan. “Tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan, apalagi langsung dipimpin oleh Pak Gubernur (Lukas Enembe),” kata dia di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa, 21 Januari 2020.

Menurut dia, pelaksanaan PON 2020 Papua telah mendapat jaminan kesiapan dari Pemerintah Provinsi Papua baik aspek infrasrruktur maupun keamanan.

“Ini sama dengan PON di tempat lain di Kaltim, di Riau, di Sumatera Selatan sama persis,” kata dia.

Hal senada diutarakan Gubernur Papua, Lukas Enembe bahwa kondisi di wilayahnya tidak jauh berbeda dengan Jakarta maupun Sumatera. “TNI kita, Polri kita jumlahnya terbesar. Kenapa ditakutkan, tidak ada masalah,” kata dia.

Menurut Lukas, sebagai bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia, Papua siap menjadi tuan rumah PON yang baik. “Pelaksanaan PON di Papua, pasti sukses ” katanya.

Pada Selasa siang, Menpora menerima kunjungan Gubernur Papua Lukas Enembe, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua. Hadiri pula Ketua KONI Marciano Norman. Pertemuan itu membahas kesiapan Papua secara infrastuktur maupun keamanan untuk menggelar kegiatan olahraga terbesar di Indonesia itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *