Menko Polhukam Mahfud MD Sebut Pemerintah Menolak Pembahasan RUU HIP

Menko Polhukam Mahfud MD Sebut Pemerintah Menolak Pembahasan RUU HIP

MEDAN – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD angkat bicara terkait gejolak akhir-akhir ini soal munculnya rancangan yang akan mengatur Haluan Idelogi Pancasila.

Menurutnya, pemerintah saat ini sangat menolak untuk melanjutkan pembahasan Rencana Undang-undang Haluan Idelogi Pancasila (RUU HIP).

“Terjadi perdebatan, sehingga pemerintah sendiri tidak setuju dengan isi RUU,” kata dia, saat berada di atas panggung, dalam acara silaturahmi dengan tokoh masyarakat di Hotel Aston, Jalan Balai Kota, Kota Medan, Kamis (2/7/2020).

Mahfud mengatakan, penolakan yang dilayangkan pemerintah terkait pembahasan RUU HIP tidak mencantumkan TAP MPRS Nomor 20 Tahun 1966.

“Dinilai berpotensi menjadi pintu kembalinya gerakan komunisme yang telah dilarang pemerintah,” ucapnya.

Dalam pengajuan, pemerintah menolak dalam dua hal, pertama tidak setuju tidak TAP MPRS Nomor 20 Tahun 1966. Karena bertolak belakang dengan apa yang sudah ditanamkan dalam pemahaman masyarakat Indonesia selama ini.

“Kemudian, yang kedua kita tidak setuju kalau Pancasila itu diperas menjadi trisila dan diperas lagi menjadi Eka sila,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *