Menag Puji Sikap Toleransi Beragama

Menag Puji Sikap Toleransi Beragama

Pengujung tahun 2019 yang tersisa satu hari lagi, Menteri Agama Fachrul Razi memuji sikap toleransi beragama di Tanah Air. Meski sebelumnya Menag terkesan sinis terhadap keberagaman beragama di kalangan umat Islam, kini tampak berubah drastis.

Dia menyampaikan rasa terima kasih kepada ulama, umat serta Ormas Islam di seluruh wilayah Indonesia atas perayaan Natal 25 Desember 2019 di berbagai wilayah berjalan aman dan damai. Umat Kristiani dapat merayakan hari besarnya dengan khidmat dan suka cita sebagaimana mestinya.

“Suasana damai selama perayaan Natal tidak terlepas dari sikap toleransi terhadap umat Kristiani dalam perayaan Natal tahun ini,” kata Fachrul dalam keterangan tertulisya, Senin (30/12).

Dia juga mengapresiasi beberapa pihak yang turut mengamankan jalannya perayaan tersebut. “Bahkan, ada sebagian di antara mereka yang ikut menjaga gereja, saat umat Kristiani merayakan Natal,” tuturnya.

Apresiasi dan terima kasih juga disampaikan Menag kepada umat Kristiani. Mereka telah merayakan Natal secara khidmat dan tidak berlebihan, sehingga perayaan Natal berlangsung penuh sukacita dan damai.

Kepada seluruh umat beragama, majelis agama, dan tokoh agama, Menag berharap kiranya terus bersinergi dalam menjaga dan merawat kerukunan umat beragama. Sebab, kedamaian dan kerukunan menjadi pra syarat mutlak terlaksananya pembangunan.

“Pemerintah akan mudah membangun, jika kondisi masyarakatnya rukun dan damai. Para ulama dan tokoh agama berperan penting dalam menjaga kerukunan umat,” ujarnya.

Menurut dia, jika negara rukun dan damai, masyarakat akan nyaman, banyak wisatawan berkunjung ke Indonesia. “Dan investasi pasti akan berkembang lebih banyak,” katanya.

Fachrul menyatakan, perayaan hari besar keagamaan, khususnya hari raya Natal yang berlangsung aman dan damai menjadi salah satu bukti bahwa kualitas kerukunan umat beragama yang baik di Indonesia. Hal ini tentu tidak terlepas dari kerja keras umat, tokoh agama , dan ormas keagamaan dalam merawat kerukunan.

“Natal tahun ini berlangsung aman dan damai. Terima kasih kepada umat beragama, khususnya umat Islam selaku umat mayoritas di negeri ini,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *