Masyakat Papua Dukung Otsus Jilid II, Ali Kabiay: Itu Demi Kemajuan Papua

Masyakat Papua Dukung Otsus Jilid II, Ali Kabiay: Itu Demi Kemajuan Papua

Ketua Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua, Ali Kabiay mengatakan masyarakat di Provinsi Papua harus mendukung Otonomi Khusus jilid II demi kemajuan Papua.

“Pemerintah pusat memberikan Otonomi Khusus kepada Papua untuk percepatan pembangunan, baik infastruktur, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan agar Papua lebih baik,” kata Ali Kabiay.

“Saya sebagai orang asli Papua sangat mendukung Otsus Jilid II,” lanjutnya.

Namun ia memberikan saran agar pemerintah bisa mengevaluasi Otsus secara menyeluruh termasuk audit dana otonomi khusus, sehingga bisa dilihat dimana kelemahan-kelemahan yang terjadi di Otsus jilid 1.

“Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa otonomi khusus ini sudah digunakan oleh kelompok-kelompok yang bertentangan dengan negara. Saya minta kepada pemerintah juga untuk harus berhati-hati bahwa dana Otsus ini sangat besar, harus ada perhatian khusus termasuk dari Komisi Penanggulangan Korupsi Indonesia untuk lebih intens terus dengan bapak dengan pihak-pihak terkait termasuk dengan Kepolisian untuk dapat memantau dana Otonomi Khusus sehingga memasuki jilid 2 ini bisa berjalan dengan baik dan bisa dirasakan oleh masyarakat Papua. Kita tahu bahwa dana otonomi khusus jilid I tidak sepenuhnya menyentuh sampai ke masyarakat sehingga masyarakat mudah terprovokasi. Jika masyarakat mudah terprovokasi bisa menyuarakan isu-isu yang selama ini kita tahu bahwa Papua penuh dengan intrik politik yaitu politik Papua Merdeka,’’ Tambahnya.

Disinggung soal penolakan yang dilakukan oleh beberapa pihak, di akuinya bahwa itu hanya segelintir orang saja.

‘’Penolakan terhadap Otsus Jilid II itu hanya dari segelintir orang, bukan mewakili seluruh masyarakat yang ada di Papua. Jadi kami sangat senang apabila Otsus jilid II ini dapat dijalankan, tetapi tentu melalui mekanisme yang sudah digodok oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Papua sehingga dapat menyentuh kepada masyarakat,’’ bebernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *