Lulusan UPNVY Harus Siap Bela Negara

Lulusan UPNVY Harus Siap Bela Negara

Sebanyak 518 mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) akan diwisuda hari ini (18/1). Mereka termasuk dalam wisuda periode kedua tahun 2020.

Rektor UPNVY, Mohamad Irhas Effendi menjelaskan wisuda periode kedua adalah lanjutan dari wisuda pertama yang telah diadakan pada 10 Oktober 2019. “Ke depan masih akan ada dua wisuda lagi,” kata Irhas saat jumpa pers ihwal wisuda di ruang kerjanya, Kamis (16/1).

Irhas menambahkan, dari 518 wisudawan, terdapat 32 persen atau sekitar 163 mahasiswa lulus dengan pujian atau cumlaude. Selain itu, juga ada 10 mahasiswa yang berhasil mendapat Penghargaan Karya Cendekia.

Kepada para wisudawan, Irhas berharap, sebagai lulusan UPNVY memiliki ciri khusus. Yang harus dimiliki, yaitu sinergi paradigma baru tridarma pendidikan dan bela negara. Untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul. “Tema itu diambil karena memasuki revolusi industri 4.0 maka butuh paradigma baru dalam pembelajaran, penelitian, dan pengimplementasian.

Selain itu, lanjut Irhas, UPNVY juga mempunyai visi nilai-nilai bela negara dan cinta tanah air. Salah satunya melalui program studi (prodi) Manajemen Kebencanaan yang berada di bawah fakultas Teknologi Mineral. Yang akan memiliki perhatian besar terhadap kebencanaan. “Sebab Indonesia merupakan daerah rawan bencana.

Selain itu, UPNVY juga memiliki pusat studi manajemen bencana. Untuk meningkatkan visinya, UPNVY menjalin kerja sama dengan Chunbook National University dari Korea Selatan. Hal tersebut merupakan bagian dari implementasi bela negara. “Kami dengan Chunbook National University ingin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap resiko bencana di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *