LLDIKTI DIY Janjikan 4.482 Kartu Indonesia Pintar untuk Mahasiswa Baru

LLDIKTI DIY Janjikan 4.482 Kartu Indonesia Pintar untuk Mahasiswa Baru

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merespon aksi damai mahasiswa yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Bergerak (ARB).

Kepala Bagian Akademik Kemahasiswaan dan Sumber Daya LLDIKTI, Tunggul Priyono menyampaikan, para mahasiswa tidak dalam artian menduduki secara paksa kantor LLDIKTI.

Para mahasiswa tersebut sudah berorasi dan meminta untuk bermalam, apabila tuntutan untuk menghadirkan para forum rektor saat itu juga tidak dipenuhi.

“Kami tidak dapat menghadirkan semua rektor dari perguruan tinggi. Akhirnya mereka meminta izin untuk bermalam. Ya tidak masalah,” katanya saat ditemui di Kantor LLDIKTI, seusai sterilisasi gedung, Jumat (10/7/2020).

Secara garis besar, tidak semua tuntutan para mahasiswa tersebut menjadi kewenangan dari LLDIKTI.

Tuntutan tersebut terkait pendidikan gratis, peniadaan iuran UKT serta, penundaan pembahasan Rencana Undang Undang (RUU) Omnibus Law.

“Mereka yang ngotot itu ingin hadirkan forum rektor. Kami tak sanggupi, karena dari kemarin semua WFH,” tegasnya.

Tunggul menegaskan, sebetulnya pada 2 Juli kemarin dirinya sudah berkomunikasi dengan forum rektor dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Pembahasan tersebut melalui daring. Tunggul menawarkan opsi agar pertemuan forum rektor tersebut dilaksanakan kembali bersama para mahasiswa.

“Tapi mereka menolak, mereka ingin ada pertemuan secara langsung,” tuturnya.

Ia menambahkan, berbagai langkah dari perguruan tinggi sudah dilakukan.

Di antaranya, lanjut dia, pemotongan Uang Kuliah Tunggal (UKT), Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dan keringan lain.

Selanjutnya, dari pemerintah juga menurut dia telah memberikan bantuan keringan selama pandemi, untuk satu semester. Itu berlaku bagi semester 3,5 dan semester 7.

“Pemerintah juga sudah memberikan bantuan keringan UKT dan SPP perkuliahan selama pandemi.

Ada 13.000 mahasiswa di wilayah V LLDIKTI. Memang kemarin tidak kami sampaikan, karena mereka kan tuntutannya ingin bertemu forum rektor,” tegasnya.

Besaran bantuan tersebut lanjut Tunggul, yakni sebanyak Rp2,4 juta yang diberikan kepada mahasiswa semester 3,5 dan 7.

“Untuk mahasiswa PTN ya melalui UKT, yang swasta ya melalui SPP. Silakan diakses,” terang dia.

Di samping itu, LLDIKTI juga mendapat kuota penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah bagi 4.482 mahasiswa baru di Wilayah V.

“Tapi untuk nama-namanya belum kami dapatkan, hanya kuota saja dan masih dalam pembahasan bagaiamana teknisnya nanti. Sementara itu usaha kami,” pungksanya.

sumber : tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *