Lewat Empat Pilar, Pemahaman Masyarakat Soal Pancasila Terus Diperkuat

Lewat Empat Pilar, Pemahaman Masyarakat Soal Pancasila Terus Diperkuat

JATIM – Anggota Komisi VII DPR-RI Fraksi Partai Demokrat Sartono Hutomo gencar menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan bagi masyarakat Kabupaten Magetan. Dalam sosialisasi empat pilar ini, Sartono fokus untuk menguatkan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai Pancasila.

Dalam sosialisasi itu, Sartono menekankan bagi masyarakat Magetan, terutama bagi generasi muda untuk terus kuatkan kecintaan mereka pada negara. Karena saat ini banyak sekali pemahaman-pemahaman baru yang melenceng dari nilai-nilai Pancasila itu sendiri.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi empat pilar DPR/MPR-RI ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR.

“Sosialisasi juga digelar untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, akan pentingnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari,” kata Sartono dalam sambutannya kemarin.

Lanjut sepupu Presiden Indonesia keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pentingnya peran pemuda, dalam mempraktikkan dan menjaga nilai-nilai yang terdapat pada 4 konsesus nasional, yaitu Pancasila sebagai ideologi negara, UUD 1945 sebagai Konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

“Harapan-harapan tersebut dapat tercapai melalui cara-cara tertentu, yaitu melalui pendidikan dan kebudayaan, terutama penegakan terhadap prinsip-prinsip nasionalisme bagi pemuda masa kini,” ucapnya.

“Internalisasi dan proses rethinking bersama tentang konteks nasionalisme. Adapun startegi perubahan demi perbaikan tersebut dapat ditempuh melalui penguatan kelembagaan publik serta pendekatan secara struktural, kultural dan partisipasi,” tutup Sartono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *