Latih 3 Timnas Indonesia, Shin Tae Yong Curhat ke Media Korea Selatan Tak Punya Waktu Istirahat

Latih 3 Timnas Indonesia, Shin Tae Yong Curhat ke Media Korea Selatan Tak Punya Waktu Istirahat

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) baru saja memperkenalkan Shin Tae Yong sebagai pelatih baru Timnas Indonesia.

Shin Tae Yong diperkenalkan oleh PSSI sebagai pelatih pengganti Simon McMenemy di Stadion Pakansari, Bogor Sabtu (28/12/2019).

Namun, sepertinya Shin Tae Yong akan bekerja dengan sangat keras di Timnas Indonesia. Bahkan, Shin Tae-yong sampai curhat ke Media Korea Selatan, Chosun.com, dengan mengatakan kalau dirinya tidak akan memiliki waktu untuk beristirahat.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut nantinya akan menahkodai Timnas Indonesia senior, U-23, dan U-20. Namun, yang terpenting adalah Timnas Indonesia U-20 karena menjalani persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

“Saya pikir saya harus melakukan yang terbaik untuk pertama kalinya sebagai pemimpin di luar negeri (Indonesia),” kata Shin Tae Yong.

“Saya akan menghabiskan banyak waktu di Piala Dunia U-20 2021. Saya harus memperhatikan kepedulian presiden. Saya pikir saya perlu mempersiapkan cara membangun dan melatih pasukan berusia 20 tahun,” ucapnya menambahkan.

Shin Tae Yong juga mengeluh kalau dirinya sedang sakit saat sampai di Indonesia sebelum menandatangani kontrak dengan PSSI.

“Saya sakit. Saya tertidur pada jam 11 malam sebelum kontrak, dan saya bangun jam 4 pagi. Saya tidur nyenyak tanpa berpikir untuk sementara. Aku tidak menyembunyikan kegembiraan,” ujar Shin Tae Yong.

Mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 lalu itu sebenarnya hanya ingin menangani Timnas Indonesia selama dua tahun saja. Namun, Shin Tae Yong termotivasi untuk membawa Indonesia lolos ke Olimpiade 2024 mendatang.

“Awalnya saya akan melakukan 2 tahun di sana. Aku harus hidup dalam kehidupan yang tidak nyaman bersama, jadi aku ingin melakukannya selama dua tahun,” ujarnya.

“Indonesia sedang berpikir untuk lolos Kualifikasi Olimpiade 2024. Dalam kasus itu, periode kontrak tidak valid, jadi saya pikir empat tahun baik-baik saja. Jadi diputuskan lah untuk empat tahun,” tambahnya.

Memang Shin Tae Yong baru saja menandatangani kontrak dari PSSI untuk mengemban tugas empat tahun menakhodai Timnas Indonesia.

Di Timnas Indonesia senior, Shin Tae Yong harus menyelesaikan tugas untuk mendampingi tiga pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *