Kemarin, Stimulus Ekonomi Kedua Diluncurkan Hingga Stok Pangan Aman

Kemarin, Stimulus Ekonomi Kedua Diluncurkan Hingga Stok Pangan Aman

Sejumlah informasi terkait upaya menekan dampak penyebaran Virus Corona jenis baru atau COVID-19 kepada sektor ekonomi masih hangat dan menjadi pusat perhatian masyarakat.

Selain itu, stok pangan hingga kesiapan pemerintah mendukung mudik gratis juga tak kalah penting menghiasi pemberitaan pada Jumat (13/3).

Berikut rangkuman berita ekonomi pilihan yang masih menarik untuk dibaca.

1. Kemenkeu siapkan anggaran Rp1 triliun untuk Kemenkes tangani COVID-19

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemerintah menyiapkan anggaran senilai Rp1 triliun untuk Kementerian Kesehatan dalam upaya penanganan penyebaran Virus Corona jenis baru COVID-19.

“Dana ini kami ingin memberikan keyakinan bahwa langkah-langkah bisa dilakukan tanpa terkendala anggaran,” katanya ketika jumpa pers di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat

2. OJK pastikan restrukturisasi kredit UMKM atasi imbas COVID-19

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso memastikan adanya restrukturisasi kredit bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengantisipasi dampak penyebaran  COVID-19.

“Restrukturisasi ini bentuknya macam-macam, tergantung sektor, size maupun keperluan nasabah,” katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

3. Stimulus pajak untuk pekerja dan industri capai Rp22,9 triliun

Pemerintah mengumumkan stimulus fiskal berupa penanggungan pajak penghasilan bagi pekerja sektor manufaktur, relaksasi pajak penghasilan untuk kegiatan ekspor dan impor, serta relaksasi restitusi pajak pertambahan nilai (PPN) dengan nilai mencapai Rp22,9 triliun.

“Relaksasi ini kami berikan selama enam bulan, mulai April sampai nanti September 2020,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat mengumumkan stimulus kedua penanganan dampak wabah COVID-19 di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat.

4. Stok pangan aman hingga Agustus 2020

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan bahwa stok bahan pangan cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga Agustus 2020, di antaranya stok beras saat ini mencapai 3,5 juta dan diperkirakan akan ada tambahan 2,2 juta.

“Untuk stok bahan pangan sampai Agustus akan cukup,” kata Mendag saat menghadiri konferensi pers mengenai Stimulus II Penanganan Dampak COVID-19 di Jakarta, Jumat.

5. Kemenhub sediakan 1.317 bus mudik gratis Lebaran

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyediakan 1.317 bus untuk 37 kota tujuan dalam mudik gratis Lebaran 2020 yang akan dibuka 23 Maret mendatang.

“Dengan kenaikan enam persen jumlah bus dibandingkan tahun lalu, diharapkan mampu mengangkut 59.265 penumpang,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *