Categories Berita Lokal Ekonomi

Jaga Inflasi, BI DIY Siapkan Uang Rp 5,3 Triliun Penuhi Kebutuhan Lebaran

Bank Indonesia (BI) memastikan ketersediaan uang rupiah layak edar cukup melalui Program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) dalam rangka menyambut Ramadan dan Idul Fitri 2023. Kantor Perwakilan BI DIY menyiapkan uang kartal sebesar Rp 5,3 triliun guna memenuhi kebutuhan uang layak edar masyarakat di wilayah DIY selama periode Ramadan sampai Lebaran 2023.

Kepala Perwakilan BI DIY Budiharto Setyawan menyampaikan secara nasional, BI menyiapkan uang tunai senilai Rp195 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai layak edar pada 2023 serta membuka titik layanan di 5.066 titik di seluruh Indonesia, bertambah 377 titik atau naik sebesar 8,22% (yoy) dari 2022. BI pun sudah mulai mengimplementasikan secara nasional layanan Bl secara wholesales melalui perbankan, dalam hal ini berkolaborasi dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

“BI DIY mempersiapkan uang kartal sebesar Rp 5,3 triliun, jumlah tersebut meningkat sebesar 23% (yoy) jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp 4,2 triliun. Antisipasi kenaikan ini mempertimbangkan pencabutan status PPKM, pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik dan peningkatan mobilitas masyarakat,” ujarnya di sela-sela Kick Off Serambi yang dihadiri perwakilan 36 Bank Umum dan perwakilan 65 BPR se-DlY di Bangsal Mataram Kantor Perwakilan BI DIY, Selasa (21/3/2023).

Dalam memastikan ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan layak edar, Budi menyatakan BI DIY melakukan tiga strategi utama. Pertama, mendistribusikan uang Rupiah sebelum memasuki bulan Ramadan. Kedua, melakukan kegiatan kas keliling dengan menjangkau masyarakat di wilayah DIY, menggunakan sarana digital yaitu pemesanan layanan penukaran uang sebesar Rp 3,8 juta per orang yang berisi pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000 masing-masing satu pax berisi 100 lembar melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id).

“Selain kas keliling kepada masyarakat, BI DIY juga mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Penarikan Uang Lusuh dan Optimalisasi Pengedaran Uang Koin (SIPUL-OPUK) yang dapat diakses melalui https://sipulopuk.com,” imbuhnya.

    Budiharto menuturkan guna memperluas jangkauan layanan uang Rupiah kepada masyarakat, pihaknya juga bekerjasama dengan perbankan DIY dengan membuka layanan penukaran melalui loket perbankan dan membuka layanan kas keliling bersama yang tersebar di berbagai titik. Pada Ramadan 2023, titik lokasi penukaran terdiri dari 9 titik kas keliling BI, 12 titik kas keliling bersama dan 49 titik loket penukaran perbankan jadi total tersebar di 70 titik lokasi di DIY.

    Ketiga, BI DIY mengimbau agar masyarakat melakukan penukaran uang Rupiah pada tempat yang resmi guna menjamin keaslian dan kualitas uang Rupiah.

    “BI DIY mengajak masyarakat senantiasa mengenali ciri-ciri keaslian Rupiah dan merawat uang Rupiah sebagai bentuk Cinta Rupiah, menjaga Rupiah yang merupakan simbol kedaulatan negara sebagai bentuk Bangga Rupiah dan mengenal fungsi Rupiah dalam konteks mendorong aktivitas perekonomian sebagai bentuk Paham Rupiah. Dengan memaknai Cinta Bangga Paham Rupiah diharapkan masyarakat dapat menggunakan uang Rupiah dengan berbelanja secara bijak sehingga dapat menjaga inflasi yang disebabkan dari kenaikan harga pokok,” jelas Budiharto.

    BI senantiasa mendorong masyarakat mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai di antaranya QRIS, memperluas kepesertaan BI-Fast termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat, serta mendorong Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) mempersiapkan infrastruktur menghadapi peningkatan transaksi di bulan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H. Lebih lanjut, kegiatan Kick Off Serambi 2023 diikuti dengan seremonial penandatanganan komitmen antara BI DIY dengan seluruh perbankan yang hadir guna mengakomodir pendistribusian Rupiah yang efisien menjelang Ramadhan dan Lebaran 2023.

    “Kami harapkan dengan adanya Serambi 2023 ini dapat semakin mengoptimalkan pengelolaan uang Rupiah menjelang hari raya melalui ketersediaan Rupiah yang berkualitas dan terpercaya dengan layanan kas prima di wilayah DIY,” pungkas Budiharto.

    About Author

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *