Hari Raya Natal, Ini Pesan Tokoh Muslim Papua Abdul Wahab Warwei

Hari Raya Natal, Ini Pesan Tokoh Muslim Papua Abdul Wahab Warwei

Suarayogyakarta.com – Tokoh Muslim Raja Ampat, Provinsi Papua Barat l, yang juga Ketua DPRD Raja Ampat Abdul Wahab Warwei mengingatkan bahwa momen Hari Raya Natal merupakan momen untuk mempererat tali silaturahmi.

Di sisi lain, kata dia, Natal juga bisa menumbuhkan rasa kebersamaan terhadap sesama umat beragama di tanah Papua. Khususnya di wilayah kabupaten bahari Raja Ampat.

“Natal itu momen istimewa untuk makin meningkatkan rasa kebersamaan dalam bingkai persatuan dan kesatuan bangsa,” ucap Wahab yang juga ketua DPC Partai Demokrat saat ditemui media ini di area WTC Distrik kota Waisai Raja Ampat, Selasa (25/12/2019) WIT.

Ia mengatakan bahwa, keberagaman yang ada di tanah Papua khususnya di Raja Ampat sudah terbangun dari zaman dulu.

Dikatakan, Raja Ampat memiliki tingkat toleransi yang sangat tinggi. Hal ini menurut Abdul Wahab, tidak terlepas dari jejak sosial para leluhur dalam menjaga keberagaman dan kebersamaan pada masa lalu. 

Sehingga dengan adanya konsep toleransi dan kebersamaan tersebut dapat diwariskan secara turun temurun kepada generasi Raja Ampat dan terjaga hingga saat ini.

“Kami sering terlibat dengan perayaan hari besar keagamaan seperti ini, karena kami di Papua khususnya di Raja Ampat senantiasa hidup berdampingan bahkan dalam satu rumah yang nota bene saudara kandung pun memiliki agama yang berbeda,” ujarnya.

Hal tersebut menurut lelaki yang kerap disapa  Om Tanjung itu bahwa, keberagaman dan rasa toleransi yang tinggi tersebut merupakan berkah dan Rahmat bagi masyarakat  di kabupaten Raja Ampat.

“Saya sebagai Tokoh Muslim Papua khususnya di Raja Ampat, memiliki keluarga besar yang beragama nasrani namun,kami senantiasa hidup dalam suasana yang damai dan tentram,” jelasnya kepada wartawan.

Abdul Wahab juga berharap agar perayaan Natal tersebut bukan hanya euforia semata. Namun dapat memaknai pesan -pesan yang terkandung di dalamnya. Yakni hidup sebagai sahabat bagi semua orang,” harap Wahab.

Untuk diketahui, belum lama ini keluarga besar Maluku bersatu Raja Ampat menggelar Natal dan ibadah bersama di area pantai WTC. Hal yang menenarik dari suasana Natal tersebut yakni ketua panitia Natal itu adalah seorang muslim. Yakni Abdul Wahab Warwei yang juga merupakan ketua DPRD Raja Ampat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *