Di Timika Papua, Anak Muda Hindu, Budha, dan Islam Ikut Amankan Gereja saat Misa Natal

Di Timika Papua, Anak Muda Hindu, Budha, dan Islam Ikut Amankan Gereja saat Misa Natal

Suarayogyakarta.com – Sejak Kamis (24/12/2019) sore, pemuda pemudi dari Islam, Hindu, dan Budha yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sudah berada di sekitar Gereja Katolik Tiga Raja, Jalan Yos Sudarso, Kota Timika, Papua.

Kehadiran mereka tak lain untuk ikut membantu mengamankan pelaksanaan Misa Natal bagi umat Katolik.

Mereka juga terlihat mengatur arus lalu lintas dan kendaraan yang akan masuk ke lingkungan gereja.

Selain di Gereja Katolik Tiga Raja, ibadah malam Natal juga berlangsung di 16 gereja yang tersebar di Mimika.

Pengamanan ibadah Natal selain dari kepolisian dan TNI, juga melibatkan Satpol PP, Dishub, FKUB, KNPI, SAR, Pramuka, Senkom Mitra Polri, ORARI, PMI, Baznas, paguyuban masyarakat, dan komunitas motor.

Ketua FKUB Mimika Ignatius Adi mengatakan, pihaknya menurunkan 80 relawan baik beragama Islam, Hindu dan Budha. “Semunya 80 orang relawan,” kata Ignatius.

Menurut dia, keterlibatan relawan lintas agama dalam pengamanan ibadah hari raya keagamaan sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya.

“Ini sebagai gambaran toleransi hidup antarumat beragama,” tutur Ignatius.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata memberikan apresiasi atas keterlibatan semua pihak dalam mengamankan ibadah Natal di gereja-gereja, yang mulai dilakukan malam ini hingga Kamis (27/12/2019).

“Kami sangat bangga terhadap keterlibatan semua pihak, karena TNI Polri tanpa dukungan dari masyarakat tidak bisa menangani semua ini,” kata Era.

Dengan keterlibatan semua pihak ini, Era berharap kondisi di Mimika tetap aman dan kondusif, serta bisa menjadi contoh bagi daerah lain.

“Mimika bisa menjadi contoh toleransi kerukunan umat beragama. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak,” ujar Era.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *