Gencarkan Patroli dan Intensifkan Pengawasan Cyber

Gencarkan Patroli dan Intensifkan Pengawasan Cyber

Aksi kejahatan jalan semakin marak belakangan ini. Kondisi ini diperparah kabar hoaks yang berdedar di media sosial (medsos), sehingga membuat situasi kurang kondunsif. Nah, untuk mewujudkan rasa aman di masyarakat, kepolisian menggelar sejumlah kegiatan.

Kabag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Eni Nurwidhiastuti mengatakan, kegiatan patroli digencarkan sebagai upaya pencegahan kejahatan jalanan. Selain itu, kepolisian juga melakukan pengamanan terbuka dan tertutup di lokasi objek-objek vital. Bahkan patroli di dunia maya. “Di 18 kecamatan kini dipasang spanduk berisi pesan utntuk mencegah dan menghindari kejatahan jalanan,” kata Eni Nurwidiastuti, Jumat (7/2).

Pada jam-jam rawan, anggota kepolisian juga diterjunkan untuk melakukan patroli. Itu termasuk pada saat libur akhir pekan. Sedangkan di media sosial, ada petugas yang juga melakukan patroli cyber.

Patroli cyber sifatnya pemantauan dan menetralisasi jika ada informasi yang menyesatkan. Namun jika sudah menjurus kepada kriminal, nanti kewenangan ada di satuan reserse dan kriminal atau Sat Reskrim. Jumlah anggota tim patroli cyber ada empat orang. Tugasnya melakukan pengawasan aktivitas warganet. “Bisa muncul dalam wujud akun resmi polres, maupun juga menyamar sebagai akun pribadi,” ungkapnya.

Respons yang dilakukan biasanya menjawab langsung dalam betuk copy paste link terpercaya, jika ada nitizen bingung akan tersebarnya informasi.  Tidak jarang juga tim patroli cyber memberi tanggapan dari DM (direct message) yang masuk.

Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan mengatakan,  dengan peningkatan patrol diharapkan tindak kejahatan jalanan seperti begal dan lainnya dapat dicegah maupun diminimalisasi Patroli jalan raya dan patroli malam untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang sedang melintas. “Patroli cyber menangkal kabar hoax,” tegasnya.

Tidak hanya itu, bekerjasama dengan Pemkab Gunungkidul memantau aktivitas jalan raya melalui kamera CCTV (closed circuit television). Selain pemantauan keamanan dan pantauan arus kepadatan lalu lintas, fasilitas tersebut juga bermanfaat untuk mengawasi potensi kejahatan jalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *