Cegah Penyebaran Corona, Ruang Publik Kembali Disterilkan

Cegah Penyebaran Corona, Ruang Publik Kembali Disterilkan

Suarayogyakarta.com – Upaya pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terus dilakukan sejumlah pihak, salah satunya Palang Merah Indonesia (PMI) Kulonprogo. Demi mencegah meluasnya virus, lembaga kemanusiaan ini menyemprotkan cairan disinfektan di sejumlah ruang publik di Kulonprogo, Senin (22/6).

Koordinator Lapangan Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 PMI Kulonprogo, Wisnu Rangga, mengatakan penyemprotan dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di sejumlah tempat umum. PMI ingin memastikan bahwa ruang publik di Kulonprogo steril dari virus Corona sehingga aman digunakan saat penerapan tatanan hidup baru atau new normal. “Penyemprotan bertujuan agar ruang publik di Kulonprogo ini bebas dari sebaran virus Corona,” ujar Wisnu di sela-sela aksi penyemprotan, Senin.

Dalam penyemprotan ini, PMI Kulonprogo menyiapkan 15.000 liter cairan disinfektan. Penyemprotan dilakukan dengan sejumlah armada milik PMI, BPBD Kulonprogo dan Sat Brimob Polda DIY. Adapun lokasi yang disasar meliputi Alun-Alun Wates, kawasan Waduk Sermo, pasar tradisional, kompleks perkantoran, terminal dan area publik lainnya yang kerap digunakan sebagai titik kumpul masyarakat. “Kegiatan ini kami dilakukan sampai Rabu [24/6],” kata Wisnu.

Dengan adanya kegiatan ini, PMI Kulonprogo mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan memberikan dukungan agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan tertib. “Dan jangan lupa tetap ikuti protokol kesehatan dan patuhi imbauan pemerintah untuk pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Ardi Dwi Nugroho, 28, salah satu pengunjung Alun-Alun Wates, mengaku senang dengan adanya kegiatan penyemprotan ini. Menurutnya, penyemprotan bisa memberi rasa aman bagi warga yang khawatir dengan adanya sebaran virus Corona di kawasan Alun-Alun Wates. “Kami merasa lebih aman, kalau sebelumnya ada rasa waswas,” ucap Ardi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *