Cegah Corona, Malioboro Kembali Disemprot Disinfektan

Cegah Corona, Malioboro Kembali Disemprot Disinfektan

Guna mencegah meningkatnya penyebaran virus corona, kawasan pedestrian Malioboro kembali dilakukan penyemprotan disinfektan.

Penyemprotan yang dilakukan oleh petugas gabungan dari Polda DIY dan sejumlah instansi Pemerintahan ini dimulai dari Taman Parkir Abu Bakar Ali hingga Titik Nol Yogyakarta.

Menurut Kepala Sub Satuan Tugas Pencegahan Covid-19 Samapta Polda DIY Iptu Rahmat, penyemprotan ini merupakan salah satu langkah pencegahan penyebaran virus corona di Malioboro.

“Ini adalah kegiatan rutin yang kami lakukan, terlebih dengan meningkatnya kasus Covid-19 di DIY akhir-akhir ini,” tutur Iptu Rahmad di Malioboro, Kamis (10/9).

Penyemprotan ini juga menyasar sejumlah lapak-lapak pedagang kaki lima (pkl), becak serta andong wisata yang biasa mangkal di kawasan Malioboro.

Terlebih beberapa waktu yang lalu terdapat salah satu pkl Malioboro yang meninggal dunia yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Hari ini kami turunkan sekitar 65 personel dengan lengkap alat pelindung diri (APD) menyemprotkan setiap sudut Malioboro dan selasarnya yang biasa dipakai berjualan pkl,” jelasnya.

Selain melakukan penyemprotan, dalam kegiatan ini dilakukan juga aksi teatrikal untuk mengedukasi masyarakat akan bahayanya Covid-19.

Aksi teatrikal tersebut menampilkan tokoh pewayangan Gatotkaca membasmi dua virus corona yang bebas berkeliaran di kawasan Malioboro.

“Aksi tadi sebagai edukasi kepada masyarakat, kita juga membagikan sekitar 2.000 buah masker juga secara cuma-cuma kepada warga. Harapannya agar warga dapat terus menerapkan protokol kesehatan saat berada di Malioboro,” ungkap Rahmat.

Kegiatan ini diharapkan, agar kawasan wisata belanja Malioboro dapat kembali aman dan nyaman serta terbebas dari penyebaran virus corona.

Sementara itu di tempat terpisah Kepala UPT Malioboro Ekwanto menyampaikan, hingga saat ini pkl Malioboro masih dapat berjualan seperti biasanya.

“Pkl masih dapat berjualan seperti biasanya dan harus saling menjaga jarak. Selain itu Jogoboro juga kami tambah personel untuk memastikan berjalannya proses kode QR bagi pengunjung Malioboro,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *