BLT Dana Desa Tahap 4, 5 dan 6 di Bantul Bakal Dicairkan Pekan Depan

BLT Dana Desa Tahap 4, 5 dan 6 di Bantul Bakal Dicairkan Pekan Depan

BANTUL – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa tahap 4, 5 dan 6 di Kabupaten Bantul bakal dicairkan pekan depan.

Keluarga penerima manfaat (KPM) yang sebelumnya sama sekali belum tercover pun akan segera disuntik dana segar.

Sekadar informasi, besaran BLT-DD tahap berikutnya ini sejumlah Rp300 ribu per bulan, yang bakal diterima KPM sepanjang Juli hingga September mendatang.

KPM yang menerimanya juga berbeda dengan warga yang telah mengantongi BLT-DD tahap 1, 2 dan 3 kemarin.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bantul, Sri Nuryanti, menandaskan sampai sejauh ini pihaknya masih menanti laporan hasil Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) yang kini masih ditindaklanjuti oleh masing-masing kecamatan.

“Tanggal 12 (Juli) batas Musdesus, lalu 13 pengesahan camat. Baru hari ini data masuk ke kami untuk diolah dan diajukan anggarannya Jumat nanti. Jadi kemungkinan pada minggu depan baru kita agendakan untuk pencairannya,” tandasnya, saat dikonfirmasi Selasa (14/7/2020).

Nuryanti memaparkan, para lurah desa memang sudah menyepakati untuk mengajukan KPM baru sebagai calon penerima BLT-DD tahap 4, 5 dan 6 itu.

Sehingga, nantinya tak muncul kecemburuan di tengah masyarakat, terutama bagi yang belum tersentuh bantuan sama sekali.

“Perkiraannya sekitar 11 ribu ya, untuk BLT-DD tahap 4, 5 dan 6 ini. KPM baru yang belum tercover bakal menerima, selama ditetapkan di Musdesus, karena kalau ada belum dapat, sementara ada yang dapat sampai enam kali, itu akan jadi masalah juga,” jelasnya.

Apalagi, pihaknya akan menerapkan aplikasi baru, untuk mengolah data calon penerima bantuan langsung tunai itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *