BIN Jemput Bola Lakukan Vaksinasi di Kabupaten Kulon Progo

BIN Jemput Bola Lakukan Vaksinasi di Kabupaten Kulon Progo

suarayogyakarta – Aksi vaksinasi COVID-19 secara door to door digelar Badan Intelijen Negara (BIN) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Petugas dari unsur BIN dan Tim Kesehatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta itu mengawali kegiatan vaksin dengan mengendarai kendaraan bermotor melintasi jalananan desa. Rute yang dilalui mulai dari area persawahan, hutan, hingga pelakarangan warga.

Sampai di permukiman, petugas kemudian berjalan kaki menuju ke setiap rumah target sasaran vaksinasi yang meliputi warga lanjut usia, kalangan disabilitas dan anak-anak usia 12 tahun ke atas. Kalangan tersebut jadi target sasaran karena mengalami keterbatasan akses menuju sentra-sentra vaksinasi.

Koordinator Vaksinasi Door to Door BIN DIY, Sugiyono mengatakan, kegiatan vaksinasi door to door ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan vaksinasi terpusat. Sebab, petugas vaksinator harus mendatangi langsung sasaran vaksin sehingga harus meluangkan waktu ekstra dan menghadapi medan yang sulit.

Dalam kegiatan vaksinasi door to door ini, BIN menargetkan bisa menyasar ratusan warga di kawasan pelosok atau jauh dari sentra vaksinasi. Selain itu juga digelar vaksinasi yang dipusatkan di kantor balai kalurahan setempat dengan target sasaran sekitar 2.500 orang.

Tingkat kesulitan vaksinasi ini memerlukan waktu dan tenaga ekstra serta medan sulit berupa pegunungan, ladang, hutan sampai tegal yang panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *