Begini Cara Pemerintah Cegah Corona Tak Menyebar ke Desa

Begini Cara Pemerintah Cegah Corona Tak Menyebar ke Desa

Suarayogyakarta.com – Pemerintah melakukan berbagai langkah untuk mencegah penyebaran corona virus (Covid-19) bahkan sampai ke pedesaan. Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PPMD) Taufik Madjid mengatakan dana desa selain digunakan untuk program program padat karya tunai juga dimanfaatkan untuk pencegahan dampak virus corona atau covid-19.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, Kementerian Desa sudah mengeluarkan Permendesa PDTT Nomor 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020. Secara eksplisit ditekankan dana desa bisa digunakan untuk langkah pencegahan di bidanhg pelayanan sosial dasar khusunya bidang kesehatan masyarakat desa.

“Artinya bahwa Permen Desa berikan peluang desa agar bisa menggunakan dana desa menjaga, mencegah, berbagai aspek saat ini meluasnya Covid-19,” ungkapnya dalam konferensi pers, Sabtu, (21/03/2020).

Kemudian, untuk desa-desa yang sudah terdampak akan diantisipasi dengan protokol setiap pemerintah desa, dengan berpedoman pada instruksi gugus tugas penanganan Covid-19. Dalam hal ini kepala daerah sesuai dengan eskalasi yang ada di desa.

“Artinya bahwa dana desa bisa dipakai untuk pencegahan sekaligus penanganan Covid- 19 di desa oleh karena itu semua jajaran kepala desa, permusyawaratan desa, perangkat desa, bahkan tokoh masyarakat kami himbau persiapan dan segera antisipasi dengan pedoman gugus tugas yang ada di daerah,” imbuhnya.

Dirinya meminta agar langkah antisipasi bisa dilakukan sejak sekarang, sehingga Covid-19 tidak sampai masuk ke desa. Selain itu masyarakat juga diminta selalu memperhatikan protokol kesehatan. Mulai dari hidup bersih, cuci tangan, mengukur suhu tubuh, dan menjaga jarak.

“Langkah pencegahan kita persiapkan dari sekarang musyawarah desa dan dan sebagainya kalaupun ada pertanyaan sampai isolasi sekaligus ke sana artinya kita antisipasi,” teragnya.

Meski demikian dirinya meminta agar penggunaan dana desa harus tetap mendapatkan penetapan dan arahan dari pelaksana gugus tugas. Dalam hal ini kepala daerah dan lainnya. Seluruh pendamping desa diharapkan berperan lebih aktif untuk turut membatu menanggulangi dan mencegah.

“Kami akan mencatat kinerja pendamping sebagai kinerja keseluruhan. Pendamping desa kami minta tetap laporan terkait penanganan Covid-19 yang dilakukan masing-masing pemerintah desa,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *