288.154 Peserta Prakerja Gelombang Ke-2 Siap Ikuti Pelatihan

288.154 Peserta Prakerja Gelombang Ke-2 Siap Ikuti Pelatihan

PESERTA program kartu prakerja yang lolos di gelombang ke-2 naik 71%, yakni sebanyak 288.154 orang, sedangkan yang lolos di gelombang ke-1 ada 168.111 peserta.

Hasil seleksi program kartu prakerja gelombang ke-2 itu diumumkan kemarin sore. Setiap peserta yang terpilih mendapat pesan singkat (SMS) notifikasi dari manajemen pelaksana kartu prakerja.

“Pada gelombang ini memang ada peningkatan dan setiap gelombang akan mengalami peningkatan,” ujar Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky, saat dihubungi kemarin.

Sementara itu, melalui telekonferensi, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denny Puspa Purbasari, mengatakan setiap gelombangnya akan mengalami peningkatan, bahkan pada gelombang ke-3 bisa mencapai 600.000 peserta.

Hal itu sesuai arahan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto. Untuk itu teman-teman, Bapak-Ibu tidak usah khawatir. Kalau tidak mendapatkan di gelombang 1, 2, Bapak dan Ibu bisa gabung di gelombang 3, 4, 5, sampai dengan 30 gelombang, sampai dengan November pekan ke-4,” terang Denny.

Lebih lanjut, ia mengatakan, sejak dibuka pendaftaran oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, selaku Ketua Komite Cipta Kerja, pada 11 April 2020, jumlah pendaftar mencapai 8,4 juta orang.

Namun, Denny berharap kepada masyarakat yang merasa tidak terlalu susah mencari pekerjaan agar memberikan kesempatan kepada yang terdampak ekonominya akibat wabah covid-19.

“Namun, sekali lagi kami mohon Ibu dan Bapak, teman semuanya untuk bersabar. Kita tahu 8,4 juta itu jauh lebih besar daripada apa yang dapat didanai oleh pemerintah. Kita utamakan dan beri kesempatan terlebih dahulu bagi rekan-rekan kita yang lebih terdampak penghidupannya, incomenya, daya belinya karena covid-19 ini,” tambah nya.

Denny mengungkapkan, kepada peserta gelombang pertama sudah ditransfer dana ke saldo virtual account mereka masing-masing
senilai Rp3.550.000. “Sudah 168.000 orang menerima transfer dari pemerintah dari APBN ke rekening virtual account mereka,” tambahnya.

Dari saldo itu, lanjutnya, sebanyak Rp1 juta untuk memilih program pelatihan yang diinginkan.

“Dari uang yang Rp1 juta itu silakan kemudian teman-teman, masyarakat yang telah menerima program kartu prakerja ini untuk memilih dan membanding-bandingkan aneka paket pelatihan yang ada di delapan digital platform,” jelasnya.

Sumber : https://mediaindonesia.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *