UPNVY Adakan Pekan Webinar Bela Negara

UPNVY Adakan Pekan Webinar Bela Negara

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) akan menyelenggarakan Pekan Webinar Bela Negara mulai Senin (18/5) dengan mengangkat tema Implementasi Bela Negara di Kampus Merdeka pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19.

Rektor UPNVY Mohamad Irhas Effendi mengatakan pekan webinar ini akan melibatkan sejumlah praktisi dan akademisi yang membahas pengimplementasian bela negara di kampus merdeka. “UPNVY mengemban tugas dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi dengan bela negara,” katannya dalam agenda jumpa pers dengan wartawan di Rektorat UPNVY, Kamis (14/5).

Diskusi ini penting dilakukan untuk menemukan rumusan implementasi bela negara di kampus medeka semasa dan pasca Covid-19. Nantinya, hasil dari pekan webinar bisa menjadi pertimbangan bagi UPNVY maupun kampus lain dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi.

Pekan webinar ini akan dibuka pada Senin mendatang dengan tema Bela Negara di Kampus Merdeka pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Selain diisi oleh Irhas, sesi ini juga akan menghadirkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang akan membahas implementasi gotong royong untuk bela negara dalam program Jogo Tonggo; Dirjen Potensi Pertahanan Kemenhan, Profesor Bondan Tiara Sofyan; serta Pelaksana Tugas Dirjen Dikti Kemendikbud, Profesor Nizam.

“Mengingat sesi satu mengundang dari Kemenhan dan Dirjen Dikti, akan dibahas bela negara karena kini menghadapi kenormalan baru,” ujar Irhas. Dia berharap ada pembahasan lebih lanjut mengenai bagaimana kampus merdeka yang dikehendaki Dirjen Dikti, sekaligus upaya kampus bela negara yang dikehendaki Kemenhan.

Webinar itu akan digelar secara daring melalui aplikasi Zoom sejalan dengan upaya pemerintah mengurangi potensi kerumunan massa guna menekan penyebaran virus corona. Untuk webinar hari pertama ditargetkan diikuti 500 peserta dengan jumlah pendaftar sementara 450 peserta. Peserta yang tidak bisa mengikuti sesi Zoom bisa menyaksikan tayangannya lewat Youtube.

Akan ada tujuh webinar yang dilakukan dalam pekan webinar ini. Sesi webinar yang lain pembahasannya akan mengeksplorasi kompetensi yang dimiliki UPNVY yang bisa disumbangkan untuk menghadapi Covid-19, meliputi topik energi, pertanian, ketangguhan sosial serta kemahasiswaan dan alumni.

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 UPNVY Eko Teguh Paripurno mengatakan pembahasan bela negara penting dikaitkan dengan Covid-19 terutama perspektifnya dalam menghadapi bencana seperti saat ini. “Jangan sampai bela negara dipahami sebagai militeristik atau hanya milik kombatan. Perlu dipahami bela negara adalah pada setiap pemilik disiplin ilmu,” kata Kaprodi Magister Manajemen Bencana ini.

Sumber : https://jogjapolitan.harianjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *