Toleransi Beragama Untuk Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Toleransi Beragama Untuk Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Indonesia Terdiri Dari Berbagai Agama. Indonesia dikenal dengan Bangsa yang majemuk, dimana semua suku, ras, agama dan budaya ada di Indonesia. Di Indonesia, tidak hanya Islam, tapi juga ada Hindu, Budha, Katolik, Protestan dan Konghucu.

Untuk itu kita harus mewujudkan persatuan dan kesatuan atas keberagaman yang kita miliki.

KH Rojih di sela-sela acara reses di Pondok Pesantren Al – Jalil, Dukuh Sandangan Desa Wonosalam Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Selasa (24/12), mengajak kepada seluruh santri untuk menjaga toleransi antar umat beragama karena Islam merupakan agama yang paling menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi.

Dikatakannya, toleransi yang ada dalam ajaran Islam juga ditegaskan dalam Alquran Surat Al-Maidah ayat 48.

“Karena ada umat lain selain Islam ini, maka penting bagi umat Islam dalam bersikap toleran kepada umat lain dengan tidak mengganggu agama dan ibadah mereka, dan mereka juga tidak mengganggu umat Islam,” imbuhnya.

Gus Rojih menegaskan, toleransi sendiri dapat diartikan sebagai rasa saling menghargai, saling menghormati satu sama lain atau dengan kelompok lain yang memiliki perbedaan, utamanya perbedaan keyakinan atau perbedaan agama.

Meski demikian, Gus Rojih menegaskan, dalam kehidupan beragama ada batasan toleransi yang harus diperhatikan yakni; tidak memaksa kepada umat beragama lain untuk masuk ke dalam agama yang dianutnya, memberikan kesempatan dan kenyamanan kepada umat beragama lain dalam melaksanakan ibadah, memperbolehkan agama lain untuk memakai atribut keagaaman dan memberikan kebebasan kepada umat beragama lain dalam merayakan hari besar keagamaan mereka.

“Intinya adalah toleransi beragama sangatlah penting untuk dilakukan karena dengan toleransi beragama persatuan bangsa dan negara dapat terwujud. Tanpa adanya toleransi antar umat beragama, untuk melaksanakan beribadah juga tidak bisa dilakukan dengan tenang,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *