Tiga Fakta Antisipasi Penularan Covid-19 dilakukan Dinas Kesehatan Kab Sleman

Tiga Fakta Antisipasi Penularan Covid-19 dilakukan Dinas Kesehatan Kab Sleman

DINAS Kesehatan Sleman bergerak cepat melakukan berbagai upaya untuk antisipasi penularan Covid-19. Salah satunya melakukan konsolidasi dengan semua rumah sakit di Sleman agar siap membantu rumah sakit rujukan dalam hal ini RSUP Sardjito dalam penanganan kasus Covid-19. Selain itu, upaya lainnya adalah :

1.Kriteria PDP Diperlonggar

Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo menjelaskan untuk mengantisipasi jika ada lonjakan kasus Covid-19 khususnya Pasien Dalam Pengawasan (PDP), semua rumah sakit dipastikan siap. Apalagi saat ini kriteria PDP diperlonggar sehingga tidak menutup kemungkinan jumlah pasien bisa berkembang banyak.

Kami harus menyiapkan infrastrukturnya. Sehingga misalnya ketika RSUP Sardjito kewalahan, kami tidak tergagap baru mengumpulkan rumah sakit. Belum KLB pun kami sudah siap.

Diungkapkan, awalnya kriteria PDP yakni ada riwayat kunjungan ke daerah terjangkit atau kontak dengan orang yang berpergian dari luar negeri atau daerah terjangkit. Dengan pedoman baru dari Kemenkes ini, pasien yang tergolong PDP dengan tujuan lebih banyak orang yang tercover.

“Sekarang ini, kalau ada orang dengan pneumonia ada atau tidak ada riwayat kunjungan atau kontak sudah bisa dimasukkan kriteria PDP. Kalau ini terjadi, Sardjito bisa saja isinya PDP Covid19 semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *