Temui Kepala BPIP, GM FKPPI Siap Kawal Pembahasan RUU BPIP

Temui Kepala BPIP, GM FKPPI Siap Kawal Pembahasan RUU BPIP

JAKARTA – GM FKKPI (Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri) siap mengawal pembahasan RUU Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Menurut GM FKKPI, RUU BPIP dapat mendorong kinerja BPIP semakin optimal, terutama dalam menjalankan program implementasi nilai-nilai Pancasila di masyarakat.

Wakil Ketua Umum GM FKPPI, Agoes Soerjanto mengatakan, pihaknya menyambut baik RUU BPIP yang sedang dibahas di DPR. Sebagai respons cepat dari usulan berbagai pihak agar nilai-nilai Pancasila dapat diimplementasikan dengan perlindungan hukum.

“Kita kawal bersama sampai disahkan dan tindak lanjut kemudian,” kata Agoes.

Dia berharap tidak ada lagi respons negatif dari RUU BPIP yang kini telah resmi dibahas di DPR. Pasalnya, RUU BPIP secara substansi berbeda dengan RUU HIP. Diketahui, RUU BPIP hanya memuat ketentuan tentang tugas, fungsi, wewenang, dan struktur BPIP.

Agoes mengungkapkan RUU BPIP tersebut sangat ringkas, hanya berjumlah 16 halaman; terdiri dari 7 bab dan 17 pasal. Sementara RUU HIP berjumlah 46 halaman berisi 10 bab dan 60 pasal.

“BPIP akan semakin memiliki acuan hukum yang kuat, sistemik dan berkesinambungan dalam melaksanakan tugasnya mengimplementasikan Pancasila di segala bidang dan aspek kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa,” ungkap Agoes.

Sekjen GM FKPPI Ari Garyanida menambahkan, audiensi ini penting sebagi pembinaan Pancasila di berbagai sektor.

“Salah satunya bagaimana BPIP berperan menjalankan program pembinaan Pancasila di sektor pendidikan, sektor dunia usaha dan sektor-sektor lainnya. Atau bagaimana BPIP menyiapkan mekanisme teknik pembinaan Pancasila agar masyarakat agar mudah mengamalkannya secara kesadaran tinggi dan kultural,” bebernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *