Survei: Program Nawacita Membawa Perubahan Baik

Survei: Program Nawacita Membawa Perubahan Baik

Jakarta – Roda Tiga Konsultan kembali melakukan survei nasional untuk mengukur sejauh mana pandangan dan harapan masyarakat terhadap situasi sosial politik saat ini.

Salah satu variabel yang diukur, yakni terkait kinerja kebijakan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), hasil survei menunjukkan bahwa 44,3 persen responden masih menganggap Program nawacita Presiden Jokowi dinilai membawa perubahan baik.

“Program Nawacita Presiden Jokowi dinilai membawa perubahan baik oleh 44,3 persen responden,” kata Direktur Riset Roda Tiga Konsultan, M Taufiq Arif, dalam pemaparan hasil survei “Pandangan dan Harapan Masyarakat terhadap Situasi Sosial Politik”, Selasa (17/12/2019) di Jakarta.

Dalam variabel kinerja kebijakan pemerintahan diketahui, yang menjawab program Nawacita tidak membawa perubahan memiliki rata-rata persentase 38,4 persen dan yang menjawab semakin buruk sebesar 8,3 persen.

Dengan demikian, mereka yang menjawab program Nawacita semakin buruk dan tidak membawa perubahan berjumlah lebih tinggi (46,7%) dari pada yang menilai membawa perubahan baik (44,3%), dengan selisih sekitar 2,4 persen.

Survei nasional dilakukan pada 26 November 2019 sampai dengan 5 Desember 2019. Survei ini melibatkan 1.200 responden yang tersebar dari seluruh provinsi di Indonesia.

Untuk menentukan responden, digunakan metode stratified systemic random sampling. Wawancara dilakukan dengan tatap muka langsung. Untuk menjaga kualitas data, digunakan metode live call dan call back sebanyak 20% dari jumlah sampel.

Adapun variabel survey yaitu, kondisi sosial ekonomi, kinerja dan kebijakan pemerintah, isu-isu nasional, Pancasila dan toleransi antar suku dan agama, dan preferensi terhadap Pemilu 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *