Sistem Kerja Exhaust Fan bisa Meminimalisir Penyebaran Covid-19

Sistem Kerja Exhaust Fan bisa Meminimalisir Penyebaran Covid-19

SIRKULASI udara menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dalam upaya menekan penyebaran covid-19.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto mengatakan exhaust fan lebih efektif mencegah penularan virus korona (covid-19) di dalam ruangan. Alat tersebut mampu membuat udara di berputar-putar dalam satu ruangan.

Imbauan tersebut juga berguna untuk mencegah mikro droplet yang menjadi salah satu sumber penularan covid-19. Mikro droplet disebut mampu bertahan di udara dalam waktu lama.

Kita bisa menyederhanakan dengan mengambil contoh asap rokok dalam satu ruangan tertutup yang sirkulasi udaranya tidak bagus. Maka asap rokok ini akan tertahan lama,” tuturnya.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyadari adanya bukti-bukti baru yang menguatkan pernyataan bahwa partikel-partikel kecil virus korona (covid-19) dapat bertahan di udara dan menjangkiti manusia.

Seorang petinggi PBB, Benedetta Allegranzi, mengatakan kemungkinan transmisi udara ini tidak dapat diabaikan untuk area ramai, ruang tertutup atau yang kurang memiliki ventilasi udara

Pernyataan Allegranzi disampaikan usai lebih dari 200 ilmuwan menuding WHO telah meremehkan kemungkinan penularan covid-19 melalui udara. Selama ini, WHO mengatakan sebagian besar penularan covid-19 berasal dari percikan cairan tubuh atau droplet pasien saat batuk atau bersin.

Ini bukanlah sebuah serangan terhadap WHO. Ini adalah debat ilmiah, tapi kami merasa perlu menyampaikannya ke publik karena mereka menolak mendengarkan bukti-bukti baru

Sumber: https://mediaindonesia.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *