Sekretaris Dewan Pengarah BPIP: Pancasila Bukan Hanya Dihafal Tetapi Diamalkan

Sekretaris Dewan Pengarah BPIP: Pancasila Bukan Hanya Dihafal Tetapi Diamalkan

Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Mayor Jenderal TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya mengajak masyarakat untuk tidak hanya menghafal butir-butir Pancasila.

Ia juga mengajak kepada masyarakat untuk lebih mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini disampaikan saat dirinya menjadi narasumber kegiatan Webinar yang di gelar oleh BPIP dan
Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dengan tema mutiara Pancasila di bumi Tadulako,Rabu(12/8).

Mantan Danjen Kopasus ini juga mendorong masyarakat untuk membangun jiwa dan raga untuk meraih satu ideologi dan satu semangat untuk keutuhan Negara Kesatua Republik Indonesia (NKRI).

“Mari kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila tidak hanya untuk dihafal,” ucapnya

Wisnu juga mengajak kepada masyarakatb untuk tetap mengedepankan sopan santun, berkata baik, menjaga moral sesuai agama. Sehingga nilai-nilai Pancasila tertanam dalam setiap individu manusia.

“Banyak hal yang perlu diimplementasikan dalam diri setiap individu sesuai nilai-nilai Pancasila, contoh kecilnya berkata baik dan sopan santun,” katanya.

Masyarakat juga diimbau tidak mudah terprovokasi oleh media sosial yang mengujar kebencian kepada seseorang atau kelompok orang. Karena dinilai memudarkan nilai-nilai Pancasila.

“Masyarakat juga jangan sampai mudah terprovokasi oleh media sosial karena akan memudarkan nilai-nilai Pancasila,” terang Wisnu

Di kesempatan yang sama, salah seorang musisi ternama Addie M.S mengatakan jika dirinya merasa bersyukur karena telah terlibat dalam mengisi kemerdekaan yang sudah diciptakan para pejuang atau “founding fathers”. Bahkan menurutnya musik tidak kalah penting dalam membumikan Pancasila.

“Dalam musik cukup banyak peran dalam pembangunan bangsa dan mempertahankan Pancasila. Karena perbedaan nada dalam musik merupakan aset yang dapat mengharmoniskan nada atau suara,” jelasnya.

Dengan demikian, ia berharap kepada generasi milenial dan masyarakat pada umumnya dapat menyatukan ideologi. Meskipun di tengah perbedaan serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *