RUU BPIP Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila Ditujukan untuk Mengatur Lembaga

RUU BPIP Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila Ditujukan untuk Mengatur Lembaga

Pemerintah akan meresmikan RUU BPIP menjadi undang-undang. RUU ini sangat penting karena bisa menguatkan ideologi negara dan menanamkan nilai-nilai pancasila di Indonesia. Terlebih, di RUU BPIP disertakan TAP MPRS yang mengatur tentang larangan komunisme di Indonesia, jadi memang harus segera diresmikan.

DPR RI mengajukan draft RUU BPIP dan presiden sudah membaca dan menyetujuinya. Tinggal menunggu waktu saja akan diresmikan. RUU BPIP berisi tentang tugas, fungsi, struktur, dan wewenang BPIP. Jadi lembaga ini akan diperkuat dan diperjelas tugasnya. Tujuannya agar warga negara Indonesia mengaplikasikan pancasila di kehidupan sehari-hari.

Banyak orang yang penasaran, apakah RUU BPIP memiliki efek positif terhadap masyarakat Indonesia? Jawabannya tentu iya. RUU BPIP adalah payung hukum bagi BPIP sebagai lembaga yang menjaga keutuhan pancasila. Karena pancasila adalah azas negara dan sumber dari segala sumber hukum, jadi harus dilindungi. Jangan sampai ada pihak yang menistakannya.

Dr. Palguna menyampaikan, RUU BPIP hadir sangat bersifat urgen untuk mengatur BPIP dalam menjalankan fungsinya membumikan Pancasila “RUU BPIP urgen dan diperlukan bangsa Indonesia dalam membumikan Pancasila,” paparnya .

Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi ini juga menegaskan, hadirnya RUU BPIP tidak untuk menafsirkan Ideologi Pancasila itu sendiri, tetapi menegaskan posisi BPIP dalam melaksanakan fungsinya. “Banyak yang salah dipahami selama ini. RUU ini ditakutkan menjadikan tafsir tunggal Pancasila, tidak seperti itu. RUU ini untuk mengatur BPIP, badannya, bukan ideologi Pancasila,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *