Rapid Test Massal Akan Dilakukan di Kawasan Tugu Jogja dan Alun-Alun Utara

Rapid Test Massal Akan Dilakukan di Kawasan Tugu Jogja dan Alun-Alun Utara

Rapid test acak bakal digelar di sejumlah lokasi yang menjadi jantung Kota Jogja.

Khusus pada Minggu (14/6/2020), Satpol PP bersama Polda DIY dan Dinas Kesehatan akan menggelar rapid tes acak di tiga lokasi, yakni di Tugu Jogja, halaman sebelah barat Kepatihan dan Alun-Alun Utara.

Rapid tes acak ini akan menyasar setidaknya 150 orang, masing-masing lokasi 50 orang.

Adapun pemilihan tiga lokasi ini karena sekarang mulai banyak penduduk luar Jogja yang masuk ke Jogja dan mengunjungi tiga lokasi tersebut. “Kalau ditemukan reaktif akan langsung diisolasi dan ditangani oleh Dinas Kesehatan,” kata Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad, Jumat (12/6/2020).

Noviar Rahmad juga menjelaskan pada akhir pekan kali ini penjagaan diperketat di tiga titik, yakni Tugu Jogja, sepanjang Malioboro dan Alun-Alun Utara. “Mulai Jumat malam kami kerahkan semua personel Pam Gakum [Penanganan dan Penegakan Hukum] diabntu UPT Malioboro dan Jogoboro,” ujarnya.

Pada Sabtu (13/6/2020), pihaknya akan menjaga tiga titik tersebut selama 24 jam, mulai pukul 06.00 WIB hingga Minggu (14/6/2020) pukul 06.00 WIB. Selama penjagaan tersebut, pesepeda tetap boleh masuk kawasan asalkan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak.

Pesepeda juga tidak boleh berhenti di seluruh tempat di tiga kawasan tersebut. Hal ini mempertimbangkan kerumunan akhir pekan lalu yang timbul akibat ribuan pesepeda berhenti dan nongkrog di tiga kasawan itu. Maka kali ini pesepeda diminta untuk sekadar lewat, tidak berhenti.

Sumber : https://jogjapolitan.harianjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *