Categories Nasional

Presiden Jokowi: Tingkatkan Kualitas, Ke Depan Akan Semakin Banyak Tuntutan Masyarakat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung fenomena viral keluhan masyarakat di media sosial yang semakin marak terjadi. Ia menyebut kondisi itu menunjukkan tuntutan masyarakat kepada pemerintah semakin tinggi.

Dengan demikian, kementerian/lembaga harus meningkatkan kualitas masing-masing instansi mereka. Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan peresmian pembukaan rapat koordinasi nasional pengawasan intern pemerintah tahun 2024.

Agenda itu dihadiri pula oleh petinggi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Menteri Keuangan, Sekretaris Kabinet, Menko Polhukam, Kapolri, Jaksa Agung hingga pimpinan KPK.

“Tuntutan masyarakat yang semakin tinggi, ada apa dikit viralkan, ada apa dikit viralkan. Dan ke depan akan semakin banyak tuntutan-tuntutan masyarakat itu,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (22/5).

Jokowi melanjutkan tuntutan dan tantangan Indonesia ke depan akan semakin besar. Program dan belanja pemerintah di tahun-tahun berikutnya juga akan membesar. Tak hanya itu, kompetisi antarnegara menurutnya juga akan semakin ketat.

Oleh sebab itu, ia meminta agar BPKP maupun instansi lainnya memanfaatkan penggunaan teknologi sebaik-baiknya untuk meningkatkan pelayanan mereka kepada masyarakat.

“Negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat, bukan negara yang besar mengalahkan negara yang kecil atau negara maju mengalahkan negara berkembang,” ujarnya.

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *