PLN Wamena Sediakan Pulsa Listrik Bagi Masyarakat Terpencil Pedalaman Papua

PLN Wamena Sediakan Pulsa Listrik Bagi Masyarakat Terpencil Pedalaman Papua

Suarayogyakarta.com – PT PLN (Persero) Area Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, menyediakan pulsa listrik bagi masyarakat daerah terpencil di pedalaman Papua.

Manajer Bidang Jaringan PLN Wamena Utrecht ZI Korwa di Wamena, Minggu, mengatakan sebagian permukiman jauh dari pusat kota sehingga solusi yang mungkin adalah penjualan melalui pemerintah kampung atau distrik.

“Di kampung yang terjauh dari kota, mungkin kami akan berikan penjualan via gerai layanan listrik (gelis) atau via kepala kampung atau kepala distrik,” katanya.

Sistem penjualannya, menurut dia, PLN akan menitipkan pulsa listrik melalui gelis, kepala kampung, atau kepala distrik.

“Jadi, misalnya dia (kepala distrik atau kampung) beli dahulu. Ketika masyarakat mau beli, mereka tidak perlu ke kota, cukup dia ke gelis, kepala kampung, atau kepala distrik. Itu solusi yang pernah kami lakukan,” katanya.

Utrecht mengatakan pelanggan baru yang berada di distrik-distrik pinggiran di pusat kota dilayani dengan meteran prabayar seperti yang digunakan oleh pelanggan di kota.

“Misalnya di Distrik Pelebaga yang kemarin kita bersama pemerintah baru luncurkan, itu meteran prabayar,” katanya.

PLN Wamena terus melakukan pembangunan jaringan kelistrikan ke sejumlah distrik yang belum menikmati listrik, misalnya untuk masyarakat tujuh kampung di Distrik Bpiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *