Pemerintah: Produktif Tapi Aman, Seluruh Dunia juga Melakukan Hal yang Sama

Pemerintah: Produktif Tapi Aman, Seluruh Dunia juga Melakukan Hal yang Sama

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona, Achmad Yurianto mengatakan kini masyarakat Indonesia diharapkan mulai menyesuaikan pola hidup di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya ialah dengan rajin mencuci tangan, mengenakan masker, dan menjaga jarak aman satu sama lain.

Menurut Yurianto, kondisi saat ini tidak dapat dipastikan kapan corona akan selesai dan kapan vaksin corona dapat ditemukan. Maka masyarakat tidak bisa hanya berdiam diri, masyarakat harus tetap produktif dan dapat menyesuaikan diri dengan pola hidup yang baru.

“Kita tidak bisa terus berdiam diri, kita harus kembali produktif namun kita harus tetap aman, seluruh dunia juga melakukan hal yang sama,” kata Yurianto, Rabu 3 Juni 2020.

Masyarakat, kata Yurianto, harus memiliki kesadaran bahwa masing-masing berpotensi menularkan virus Covid-19. Dengan memiliki pandangan seperti itu, masyarakat akan disiplin dan selalu memperhatikan kebersihan diri.

“Kita harus meyakini bahwa kita punya potensi membawa penyakit. Kita harus ganti baju, harus selalu membersihkan diri. Kita harus memiliki paradigma: bisa saja hanya kita sendiri yang keluar rumah; kalau kita tidak bersih, keluarga yang tak pernah keluar akan tertular akan ikut tertular. Ini akan rentan kepada anak kita, orang usia lanjut,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *