Pemerintah Bangun Pos Lintas Batas Negara, Salah Satunya di Natuna

Pemerintah Bangun Pos Lintas Batas Negara, Salah Satunya di Natuna

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun serta memperbaiki pos lintas batas negara (PLBN) di lima provinsi untuk tahap kedua. Dari 11 PLBN yang akan dibangun, satu diantaranya sudah rampung dibangun di Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pihaknya melaporkan pembangunan PLBN yang tersebar di lima provinsi di tanah air dalam rapat koordinasi tingkat menteri yang dipimpin Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Dalam pembangunan tahap pertama setidaknya ada tujuh PLBN yang sudah rampung sejak akhir 2019 dan dilaporkan untuk dievaluasi.

“Ini pak menteri minta semua sekarang mengevaluasi supaya maksimal pemanfaatannya seperti apa, rumah-rumahnya, dinasnya, terutama pasarnya yah tadi udah dilaporkan beberapa,” kata Basuki di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2020).

Kemudian Basuki juga sudah melaporkan proses pembangunan tahap kedua dengan berjumlah 11 PLBN yang akan dibangun sepanjang 2020.

Untuk tahap kedua, satu PLBN di Sota, Merauke, Papua dilaporkan sudah selesai dan akan dilanjutkan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait peresmiannya.

“Menteri Polhukam mau melaporkan kepada presiden kesiapan untuk dapat diresmikan,” ujarnya.

Di PLBN Sota itu selain ada pos khusus untuk penjagaan lintas wilayah, di sana juga dibangun perumahan serta pasar.

10 PLBN yang belum selesai dibangun kata Basuki, empat diantaranya sudah kontrak dan lima sisanya tengah dalam proses lelang. Salah satu PLBN yang berada di Oepoli, Kabupaten Kupang, NTT itu masih dalam tahap negosiasi dengan pihak Timor Leste.

“Kesepakatan, kaya patok-patoknya itu. Masih menunggu kesepakatan batas antara menlu kita dengan Timor Leste,” ucapnya.

Basuki menargetkan seluruh pembangunan PLBN di tahap kedua itu akan rampung hingga akhir 2020. 11 PLBN yang akan dibangun dalam tahap kedua ialah PLBN Napan di Kabupaten Timur Tengah Utara, PLBN Yeyetkun di Kabupaten Boven Digoel, PLBN Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, PLBN Sungai Kelik di Kabupaten Sintang, PLBN Long Nawang di Kabupaten Malinau.

Kemudian PLBN Long Midang, PLBN Sei Pacang dan PLBN Labang di Kabupaten Nunukan, PLBN Serasan di Kabupaten Natuna dan PLBN Sota di Kabupaten Merauke, Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *