Pembangunan Masif Papua, Pemerintah Diapresiasi

Pembangunan Masif Papua, Pemerintah Diapresiasi

Perhatian pemerintah pusat terhadap Papua dalam pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) saat ini patut diapresiasi sebagai bagian dari pemerataan pembangunan di Indonesia.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Warmadewa Dr.Toto Nurasto mengutarakan hal tersebut. “Perhatian pemerintah Jokowi saat ini terhadap Papua harus diakui. Banyak pembangunan sudah dilakukan baik itu infrastruktur maupun pembangunan SDM,” ungkap Dr.Toto.

Pembangunan Papua saat ini, menurut Dr. Toto, sudah jauh lebih baik, seperti pembangunan jalan Trans Papua, dan pemberian beasiswa melalui program Adik Papua, maupun program beasiswa lainnya. “Terlepas masih terdapat masalah, tentu setiap daerah ada masalah, tetapi yang dilakukan pemerintah saat ini harus diakui,” ungkapnya kembali.

Salah satu program yang dilakukan pemerintah dengan memberikan beasiswa kepada putra-putri Papua untuk belajar di perguruan tinggi. “Di kampus kami, Universitas Warmadewa terdapat 110 anak Papua yang belajar. Karena punya kedekatan secara emosional, saya diminta sebagai orang tua angkat mahasiswa Papua dan NTT di Warmadewa,” tutur dosen Ilmu Politik ini.

Sebagai bagian dari program pemerintah untuk Papua, Dr. Toto berharap mahasiswa Papua tetap semangat menyelesaikan studinya. “Kami harap anak-anak kami yang dari Papua tetap semangat menyelesaikan studinya di Warmadewa,” jelasnya kembali.

Mahasiswa Papua yang belajar di Universitas Warmadewa juga dikenal baik dan mengikuti proses perkuliahan di kampus tersebut dengan baik. “Mereka anak-anak kami yang dari Papua menjalani kuliah dengan baik. Memang saat ini mereka masih di Papua karena Covid-19, kami harap segera kembali ke Bali,” jelasnya.

Para mahasiswa yang belajar di Universitas Warmadewa, menurut Dr. Toto, mengapresiasi kinerja pembangunan yang dilakukan pemerintah saat ini. “Dari komunikasi yang kami lakukan, mereka mengapresiasi apa yang sudah dilakukan pemerintah di bawah Presiden Jokowi, terhadap perhatian dan pembangunan yang sudah dilakukan,” pungkasnya.

Salah seorang pengurus Paguyuban Mahasiswa Dewata  Sorong dan NTT, Vladimir Johan, mengakui, era pemerintahan Presiden Jokowi saat ini, masyarakat Papua lebih sejahtera. “Masyarakat Papua saat ini sudah lebih mudah membuka akses antarkabupaten. Banyak jalan dibangun, bahan bakar yang dulu mahal kini sudah sama harganya, ini saya kira sudah adil,” ungkap Johan.

Sumber : baliexpress.jawapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *