Pancasila Pondasi Kuat Wujudkan Cita-Cita Bangsa

Pancasila Pondasi Kuat Wujudkan Cita-Cita Bangsa

Markas Besar TNI Angkatan Udara (Mabes TNI AU) menyelenggarakan webinar bertema ‘Pembekalan Bintal Rohani, Ideologi, dan Tradisi Kejuangan TNI AU’, Rabu (26/8/2020).

Webinar ini menghadirkan pembicara utama Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo, yang membahas tentang peranan ideologi Pancasila dalam konteks masa kini.

Menurutnya Pancasila harus menjadi dasar atau pondasi semua orang. “Pancasila sebagai ideologi bangsa harus menjadi dasar atau pondasi bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujar Benny.

Benny menekankan bahwa semua pemangku kepentingan yang membuat kebijakan publik pun harus menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap regulasinya.

Selain itu dirinya juga menegaskan bahwa Pancasila harus menjadi keyakinan yang nantinya akan membawa bangsa ini dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

“Pancasila harus menjadi cara berpikir, bernalar, bertindak, dan berelasi. Pancasila sebagai ideologi bangsa menjadi keyakinan bagi seluruh rakyat yang menjadi cita-cita yang diwujudkan dengan konkret untuk mewujudkan kesejahteraan,” tegas Benny.

Selain itu dibahas mengenai kedaulatan pangan yang harus menjadi fokus bangsa khususnya diera pandemic covid-19 seperti sekarang ini.

“Kedaulatan pangan juga harus diperjuangkan dengan cara pembelaan pada petani, peningkatan kesejahteraan petani, tercukupinya kebutuhan pangan dalam negeri, meningkatkan kemandirian,” tambahnya.

Penanaman nilai-nilai Pancasila pun dijelaskan Benny tidak boleh secara doktrinal seperti tempo dulu, tetapi harus menjadi habituasi atau kebiasaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *